Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu hal memalukan yang tidak ingin dilakukan oleh pria di muka umum adalah menggaruk kemaluannya. Menyentuh kemaluannya di muka umum cukup memalukan dan tidak sopan, terlebih di depan lawan jenis. Kalau pria berada di sedat toilet mungkin bisa langsung ke sana untuk menyelesaikan hajat, kalau di tempat terbuka apa yang akan dilakukan?

5 Cara Mencegah Penis Gatal di Muka Umum yang Memalukan

Nah, agar masalah yang cukup memalukan ini tidak terjadi lagi, pria harus melakukan beberapa hal khususnya yang berkaitan dengan kebersihan area penis. Berikut beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan oleh pria untuk mencegah rasa gatal yang tidak menyenangkan.

  1. Rutin mencuci penis dengan benar

Selama ini pria selalu salah saat mencuci penis mereka baik saat mandi atau saat berkemih. Pria hanya membersihkan penis dengan air lalu memasukkannya ke dalam celana dalam lagi dalam keadaan basah. Padahal penis tidak boleh dalam keadaan basah saat dimasukkan ke dalam celana dalam.

Penis yang basah akan mudah sekali dihinggapi oleh bakteri yang mungkin sudah ada di celana dalam. Setelah membersihkan penis sebisa mungkin mengelapnya lagi dengan tisu hingga kering. Selanjutnya masukkan lagi ke celana dalam. Saat menggunakan handuk, keringkan hingga tidak ada air sama sekali.

  1. Mengganti celana dalam dengan rutin

Pria selalu menganggap kalau celana dalam yang dipakai berhari-hari tidak masalah meski tidak terlihat kotor. Meski secara penampakan tidak kotor, setelah sehari digunakan, celana dalam akan menjadi sangat kotor dan menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Ganti celana dalam secara rutin setiap hari atau dua kali dalam sehari. Dengan mengganti celana dalam secara rutin, penis akan menjadi lebih bersih setiap hari. Kemungkinan terjadi infeksi hingga gatal yang tidak nyaman akan menurun. Jadi, perhatikan baik-baik setiap harinya.

  1. Tidak saling bertukar handuk

Berbeda dengan wanita yang lebih terorganisir, pria cenderung malas jika dihadapkan dengan hal-hal yang cukup rumit. Misal untuk masalah handuk, pria tidak masalah kalau harus menggunakannya dengan banyak orang. Asal terlihat bersih, maka tidak akan ada masalah yang akan terjadi sehingga mereka bisa menggunakannya berkali-kali.

Handuk yang digunakan berkali-kali dengan orang yang berbeda-beda bisa memicu penyakit menular. Beberapa bakteri bisa menempel di handuk dan akan menyebar kalau pria menggunakannya di tubuhnya khususnya di area penis. Peluang terkena penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal cukup tinggi.

  1. Menggunakan celana yang benar

Gunakan celana yang benar baik secara ukuran atau bahannya. Pertama untuk celana dalam, gunakan yang bahannya lembut. Bahan yang lembut bisa terbuat dari katun atau serat alami lainnya. Jangan gunakan celana dalam yang bahannya membuat area penis jadi alergi. Selain bahan, jangan gunakan yang kekecilan.

Setelah celana dalam, gunakan juga celana luar baik yang pendek atau panjang dengan bahan yang aman dan tidak terlalu kecil. Kalau celana luar terlalu kecil, akan membuat penis terimpit dan berkeringat cukup banyak.

  1. Menurunkan berat badan

Hal terakhir yang bisa dilakukan oleh pria untuk mengatasi gangguan gatal pada penisnya adalah menurunkan berat badannya. Turunnya kadar lemak di dalam tubuh pria akan membuat area di selangkangan tidak mudah berkeringat. Area penis yang kering akan membuat bakteri tidak mudah tumbuh.

Berat badan yang turun juga membuat pria jadi lebih sehat. Bahkan kemampuan seksual mereka bisa naik dengan signifikan. Jadi, kenapa tidak mencobanya saja? Lakukan lima hal di atas untuk mendapatkan penis yang selalu sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi