Terbit: 12 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Untuk terlihat lebih cantik, banyak wanita yang memerhatikan setiap detail penampilan, mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Mereka akan melakukan perawatan mahal di pusat kecantikan, maupun perawatan sederhana yang bisa dilakukan dirumah hanya untuk membuat penampilan mereka terlihat sempurna. Bagian terkecil dari tubuh pun juga mereka perhatikan, yakni kuku.

3 Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Kerapuhan Kuku

Kuku merupakan bagian tubuh yang bisa mengindikasikan berbagai penyakit yag sedang menyerang tubuh. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan agar kuku tampak sehat dan tidak mudah patah. Sebab, kuku adalah bagian tubuh yang sangat rapuh dan mudah sekali patah.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, merawat kuku agar tidak mudah patah bisa Anda lakukan hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu saja. Berikut diantaranya:

1. Telur

Makanan yang satu memang memiliki rasa yang cukup lezat sehingga pasti tersedia di dalam kulkas. Di samping rasanya yang lezat, telur juga mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin D, vitamin B12, dan biotin yang terdapat di dalam telur, juga bisa menambah kekebalan tubuh sehingga tidak mudah patah.

2. Sayuran Hijau

Tidak bisa dipungkiri lagi jika sayuran hijau memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya mampu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau juga mengandung kalsium, iron, dan anti-oksidan yang dapat membantu kuku agar tak mudah rapuh atau mudah patah. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli secara rutin setiap hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Ikan

Selain telur, ikan juga kaya akan protein yang sangat baik untuk tubuh. tidak hanya protein saja, ikan juga mengandung omega-3 dan asam lemak, sehingga sangan penting untuk mengonsumsinya agar tubuh selalu sehat. Selain itu, mengonsumsi ikan juga dipercaya bisa membuat kuku sehat dan tidak mudah patah. Hal ini dikarenakan kandungan protein, omega-3 dan asam lemak yang terdapat di dalam ikan. Tidak hanya bisa mencegah kerapuhan kuku saja, mengonsumsi ikan juga bisa membuat kuku terlihat lebih halus.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi