10 Cara Mencegah Kanker Prostat pada Pria (Mudah & Alami)

cara-mencegah-kanker-prostat-doktersehat

DokterSehat.Com – Jika wanita sangat waspada terhadap kanker serviks dan kanker payudara, pria perlu sangat waspada terhadap kanker prostat. Pada umumnya pun cenderung muncul di usia 60 tahun ke atas, namun tak banyak yang tahu cara mencegah kanker prostat. Kalau Anda tidak ingin mengalami kanker prostat, lakukan beberapa cara sederhana di bawah ini dan amati tanda-tandanya juga.

Tanda dan Gejala Kanker Prostat yang Jarang Disadari

Anda bisa tahu kalau tubuh mengalami kanker prostat atau gejalanya setelah melihat beberapa tanda di bawah ini. Kalau Anda mengalaminya segera lakukan pemeriksaan agar tidak berlarut-larut dan susah diatasi. Langsung saja, ini dia tanta-tanda kanker prostat:

  1. Sering merasa ingin berkemih dalam jangka waktu yang tidak lama. Kurang dari satu jam pria akan tidak nyaman dan ingin kembali buang air kecil. Kondisi ini semakin parah saat malam hari sehingga pria sering terbangun.
  2. Sering merasa susah untuk memulai kencing dan menghentikannya. Kondisi ini akan sering muncul disertai dengan perasaan ngilu yang cukup kuat.
  3. Saat berkemih akan terasa sakit dan panas. Kondisi ini membuat pria merasa tidak nyaman dan selalu tersiksa saat kencing.
  4. Aliran urine yang keluar dari penis cenderung menurun dan sering terjadi gangguan.
  5. Saat mengalami ereksi pria akan merasakan sakit yang cukup kuat. Rasa sakit ini menyebabkan pria susah mengendalikan ereksi. Mereka akan mengalami gangguan saat berhubungan badan.
  6. Saat mengalami ejakulasi pria akan merasakan sakit yang cukup kuat. Rasa sakit ini menyebabkan pria tidak menikmati puncak aktivitas seks yang dilakukan.
  7. Saat mengalami ejakulasi, air mani yang keluar tidak terlalu banyak. Selain itu, cairan yang keluar juga kerap mengandung darah meski tidak terlalu banyak.
  8. Area anus akan terasa sakit saat buang air besar atau saat digunakan untuk duduk. Kondisi ini bisa terjadi karena letak anus dengan prostat cukup dekat.
  9. Rasa nyeri di pinggang, perut bawah, dan panggul.

Cara Mencegah Kanker Prostat yang Mudah

Kanker prostat sering muncul diam-diam karena pertumbuhannya cukup lamban. Oleh karena itu, berikut beberapa cara menghindari kanker prostat yang mudah dilakukan:

1. Berhenti merokok

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat adalah dengan meninggalkan rokok. Dengan meninggalkan rokok, Anda bisa lebih sehat dan racun seperti nikotin tidak akan masuk ke dalam tubuh. Kalau nikotin sampai masuk ke dalam tubuh gangguan akan terjadi. Salah satu gangguan itu adalah munculnya kanker di dalam tubuh khususnya prostat.

Efek merokok memang tidak serta-merta muncul. Namun, racun yang terlanjur berkumpul dan mengendal bisa memicu sel kanker untuk tumbuh. Sel kanker ini bisa tumbuh di prostat hingga beberapa bagian tubuh lain seperti paru hingga penis. Jadi, dengan hanya merokok saja, aneka gangguan akan muncul termasuk kerusakan pada testis dan gangguan ereksi.

2. Mengurangi konsumsi protein hewani

Aneka daging merah memang sangat bermanfaat untuk memberikan tambahan protein. Kalau konsumsinya berlebihan, kemungkinan memicu kanker akan besar. Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi daging atau olahan susu setiap hari tanpa ada variasi lainnya seperti mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat.

Konsumsi protein ternyata memungkinkan Anda ikut makan lemak hewani. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, lemak hewani berkorelasi dengan kanker prostat. Semakin banyak konsumsi protein hewani, semakin tinggi pula risiko kankernya. Cara mencegah kanker prostat yaitu dengan menyiasati kebutuhan protein harian dengan protein nabati dari olahan kedelai.

3. Menjaga berat badan agar selalu ideal

Pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas lebih rentan mengalami gangguan pada prostatnya. Oleh karena itu, pria disarankan untuk lebih bisa menjaga berat badannya sebagai salah satu cara mencegah kanker prostat. Lakukan pengukuran berat badan rutin setiap bulannya agar tidak kecolongan.

Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan melakukan diet yang tepat. Diet yang tepat ini bertujuan untuk membuat kebutuhan kalori harian seimbang atau defisit untuk mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Kalau kalori tidak diukur, kemungkinan terjadi penambahan lemak akan tinggi.

4. Rutin melakukan olahraga setiap hari

Olahraga harus tetap dilakukan setiap harinya. Dengan berolahraga, hormon di dalam tubuh akan normal levelnya, sehingga ini bisa menjadi salah satu cara mencegah kanker prostat yang cukup efektif. Aliran darah akan berjalan dengan baik serta kemungkinan terjadi penumpukan lemak akan menurun.

Olahraga juga membuat Anda menjadi lebih bugar dan kuat. Pria dengan kondisi ini akan jarang sekali merokok dan cenderung memperhatikan kondisi kesehatannya. Dengan tubuh yang kuat dan daya tahan yang sudah ditembus, kemungkinan kanker tumbuh juga semakin kecil.

5. Lebih sering melakukan ejakulasi

Pria akan lebih sehat dan tidak mudah mengalami kanker prostat kalau mereka melakukan ejakulasi secara rutin. Mengapa harus ejakulasi secara rutin? Karena saat ejakulasi radikal bebas pada prostat akan ikut keluar. Kalau ejakulasi jarang terjadi, kemungkinan muncul gangguan akan besar.

Oleh karena itu, mencegah kanker prostat sejak dini disarankan untuk lebih sering melakukan ejakulasi dengan bercinta dengan pasangan atau dengan melakukan masturbasi yang benar. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga 19 persen. Jadi, jangan malas untuk bercinta dengan pasangan, ya!

6. Diet rendah lemak

Menghindari makanan yang mengandung lemak seperti daging, kacang-kacangan, minyak, dan produk susu, seperti susu dan keju, menjadi cara mencegah kanker prostat.

Berdasarkan beberapa penelitian, pria yang mengonsumsi lemak dengan jumlah yang banyak setiap hari meningkatkan risiko kanker prostat. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian antara kelebihan lemak dan kanker prostat. Tetapi mengurangi konsumsi lemak setiap hari terbukti memiliki manfaat lain, seperti membantu mengendalikan berat badan dan membantu kinerja jantung Anda.

Bila ingin mengurangi jumlah lemak yang Anda makan setiap hari, kurangi makanan berlemak atau pilih jenis makanan rendah lemak. Misalnya, mengurangi lemak yang Anda tambahkan ke dalam masakan, pilihlah daging tanpa lemak, dan pilih produk susu rendah lemak.

7. Perbanyak makan buah dan sayuran setiap hari

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang dianggap mencegah kanker prostat sejak dini, meskipun penelitian belum membuktikan bahwa nutrisi tertentu dapat mengurangi risiko.

Manfaat makan lebih banyak buah dan sayuran juga cenderung membuat Anda menghindari makanan lain, seperti makanan berlemak tinggi.

Langkah terbaik mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memperbanyak buah dan sayuran yang Anda makan setiap hari. Anda juga dapat memertimbangkan makan buah dan sayuran sebagai camilan, seperti wortel, brokoli, dan buncis yang direbus.

8. Minum kopi

Berdasarkan studi klinis pada 2014, minum kopi setiap hari dapat menurunan risiko kanker prostat yang fatal.

Terlepas dari berapa banyak cangkir yang diminum, setiap tiga cangkir kopi yang Anda minum dapat mengurangi risiko kanker prostat sekitar 11 persen. Ini memaparkan hubungan dosis-respons antara kanker prostat dan kopi, yang berarti efek pada kanker prostat naik atau turun terhadap jumlah kopi yang diminum. Efek tersebut kemungkinan tidak terjadi pada orang yang minum kopi sesekali.

Perlu diingat, terlalu banyak asupan kafein juga tidak baik, karena dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan kejang. Disarankan agar tidak minum lebih dari 400 miligram kafein sehari, setara dengan empat cangkir kopi yang diseduh.

Cara membuat secangkir juga bisa menjadi faktor risiko. Studi pada 2015 di Norway, mengamati kopi yang diseduh dengan filter dan kopi rebus yang tidak menggunakan filter. Hasilnya, pria yang minum kopi direbus ternyata memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat daripada pria yang minum kopi dengan cara lain.

Kadungan bahan kimia cafestol dan kahweol dalam kopi dikenal memiliki kemampuan mencegah kanker prostat sejak dini. Para peneliti mempercayai bahwa bahan kimia ini terperangkap ketika kopi mengalir melalui kertas saring. Sementara kopi rebus memungkinkan bahan kimia pencegah kanker tetap  bertahan dalam minuman secangkir kopi Anda.

9. Berhubungan seks yang aman

Menggunakan alat kontrasepsi (misal kondom) saat berhubungan seks menjadi salah satu cara menghindari kanker prostat. Infeksi yang ditularkan secara seksual seperti sitomegalovirus dan trikomoniasis berisiko kanker prostat.

Penyakit menular seksual (PMS) pertama adalah jenis herpes yang ditemukan dalam jaringan prostat kanker. Kedua, trikomoniasis, adalah virus yang dapat diobati dan mungkin memiliki efek jangka panjang.

Studi yang diulas dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menemukan bahwa pria yang pernah terinfeksi trikomoniasis berisiko 40 persen lebih besar terkena kanker prostat.

10. Konsultasi dengan dokter

Cara menghindari kanker prostat berikutnya adalah konsultasikan dengan dokter, tentang risiko Anda terkena kanker prostat. Ada beberapa hal yang harus dikonsultasikan kepada dokter, di antaranya tes skrining medis apa yang harus Anda lakukan seiring bertambahnya usia, riwayat penyakit kanker keluarga, dan mempertimbangkan untuk diet.

Beri tahu dokter jika Anda baru memulai jadwal olahraga baru, atau jika Anda mengalami beberapa gejala, ketidaknyamanan di area panggul atau dubur, kesulitan buang air kecil, dan darah dalam urine atau air mani.

Itulah berbagai cara mencegah kanker prostat yang mudah dan perlu dilakukan sejak dini. Menurut Anda, dari berbagai cara di atas, mana saja yang mudah sekali dilakukan sehingga prostat selalu sehat dari muda hingga usia lanjut, Teman Sehat?

 

Sumber:

  • Prostate cancer prevention: Ways to reduce your risk (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/in-depth/prostate-cancer-prevention/art-20045641, diakses 5 Agustus 2019).
  • 9 Tips to Prevent Prostate Cancer (https://www.healthline.com/health/9-tips-to-prevent-prostate-cancer#talk-to-your-doctor, diakses 5 Agustus 2019).
  • 8 Easy Things You Can Do to Reduce Your Risk of Prostate Cancer (https://www.menshealth.com/health/a19537335/8-steps-prevent-prostate-cancer/, diakses 5 Agustus 2019).