Terbit: 29 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Jika Anda khawatir tentang risiko kanker prostat, Anda mungkin tertarik pada cara mengegah kanker prostat. Pada dasarnya, tidak ada cara yang pasti untuk mencegahnya. Banyak faktor risiko seperti usia, ras, dan riwayat keluarga tidak dapat dikendalikan. Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker prostat. Simak cara menghindari kanker prostat selengkapnya di bawah ini.

13 Cara Mencegah Kanker Prostat (Mudah & Alami)

Cara Mencegah Kanker Prostat

Sebelum menjelaskan mengenai cara menghindari kanker prostat, perlu Anda ketahui bahwa risiko kanker prostat akan meningkat seiring bertambahnya usia. Pada beberapa kasus, kanker jenis ini didiagnosis pada pria yang berusia 65 tahun atau lebih. Jarang seorang pria mengembangkan kondisi ini sebelum usia 40 tahun.

Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak ada cara pasti yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker prostat, akan tetapi terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa gaya hidup dan pola makan memainkan peran penting untuk mencegah kondisi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker prostat yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Berhenti Merokok

Cara mencegah kanker prostat yang pertama adalah tidak merokok. Banyak orang mengira bahwa merokok hanya terkait dengan paru-paru, faktanya hal itu juga bisa menyebabkan seorang pria terkena kanker prostat. Sebuah studi mengungkapkan, bahwa risiko kanker prostat pada pria yang merokok memiliki risiko meninggal akibat kanker prostat lebih tinggi daripada pria yang tidak merokok. Tumor menjadi lebih agresif ketika seseorang merokok, jadi  cara menghindari kanker prostat adalah dengan berhenti merokok sesegera mungkin.

2. Tomat dan Buah-Buah yang Berwarna Merah

Tomat, semangka, dan buah-buahan yang berwarna merah memiliki antioksidan yang kuat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi buah dan produk berbasis tomat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat. Namun, klaim terhadap hal ini masih terbatas sehingga penelitian lanjutan masih diperlukan.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas lebih rentan mengalami gangguan pada prostatnya. Tidak jelas mengapa kelebihan lemak dikaitkan dengan kanker, tetapi para peneliti berteori mungkin karena kadar hormon tertentu, misalnya insulin, estrogen dan androgen.

Oleh karena itu, pria disarankan untuk menjaga berat badannya sebagai salah satu cara mencegah kanker prostat. Lakukan pengukuran berat badan rutin untuk memantau kondisi tubuh. Salah satu cara mengukur berat badan ideal dengan mudah adalah dengan kalkulator indeks massa tubuh (BMI). Jika angka BMI menunjukkan angka 30 atau lebih tinggi, Anda memiliki peningkatan risiko kanker prostat.

Menjaga berat badan bisa dilakukan dengan melakukan diet yang tepat. Diet yang tepat ini bertujuan untuk membuat kebutuhan kalori harian seimbang atau defisit untuk mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Jika asupan kalori tidak diukur, kemungkinan terjadi penambahan lemak akan tinggi.

4. Rutin Olahraga Setiap Hari

Cara mencegah kanker prostat yang satu ini paling mudah dilakukan tapi sering dilupakan. Olahraga teratur dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. Manfaat olahraga termasuk peningkatan massa otot dan metabolisme yang lebih baik. Olahraga yang bisa dicoba seperti berjalan, bersepeda, hingga berenang.

Jika rasa bosan menyerang, variasikan olahraga dengan mengajak teman-teman untuk berpartisipasi. Olahraga cenderung mudah dilakukan jika didukung oleh sesuatu yang menyenangkan. Usahakan untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Rutin Melakukan Ejakulasi

Banyak orang tidak menyangka bahwa ejakulasi dapat digunakan sebagai cara mencegah kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang pria yang melakukan masturbasi lima kali dalam seminggu memiliki  kemungkinan 34 persen lebih rendah terkena kanker prostat pada usia 70 tahun, daripada mereka yang jarang melakukan ejakulasi.

Cairan mani mengandung zat-zat yang bersifat karsinogenik, ejakulasi secara teratur dapat membantu menghilangkan zat-zat tersebut.

6. Diet Rendah Lemak

Menghindari makanan yang mengandung lemak dapat digunakan sebagai cara mencegah kanker prostat. Mengurangi konsumsi lemak setiap hari terbukti memiliki manfaat seperti membantu mengendalikan berat badan dan membantu kinerja jantung. Pilihlah daging tanpa lemak dan produk susu yang rendah lemak. Meski begitu, klaim terhadap hal ini masih membutuhkan penelitian lanjutan.

7. Makan Buah dan Sayur Setiap Hari

Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang dianggap mencegah kanker prostat sejak dini, meskipun penelitian belum membuktikan bahwa nutrisi tertentu dapat mengurangi risiko. Manfaat makan lebih banyak buah dan sayuran juga cenderung membuat Anda menghindari makanan lain, seperti makanan berlemak tinggi.

Pertimbangkan untuk konsumsi buah dan sayuran sebagai camilan, seperti wortel, brokoli, dan buncis yang direbus.

8. Minum Kopi

Apakah Anda suka minum kopi? Jika iya, maka risiko kanker prostat akan lebih kecil terjadi dibanding orang yang tidak mengonsumsi kopi. Sebuah studi mengungkapkan, konsumsi tiga cangkir kopi dapat mengurangi risiko kanker prostat yang fatal sekitar 11 persen.

Namun, kafein dosis tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan utama, seperti detak jantung tidak teratur dan kejang. Beberapa pakar menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir sehari. Cafestol dan kahweol adalah senyawa kimia yang memiliki kemampuan melawan kanker.

9. Berhubungan Seks yang Aman

Menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks menjadi salah satu cara mencegah kanker prostat. Infeksi menular seksual seperti cytomegalovirus dan trichomoniasis telah dikaitkan dengan kanker prostat. Cytomegalovirus adalah jenis herpes yang ditemukan dalam jaringan kanker prostat . Sedangkan trikomoniasis adalah virus yang dapat diobati dan mungkin memiliki efek jangka panjang.

Sebuah studi yang diterbitkan di Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menemukan bahwa pria yang pernah terinfeksi trikomoniasis memiliki peluang 40 persen lebih besar untuk terkena kanker prostat.

10. Omega-3

Menurut sebuah penelitian, pria yang memiliki kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang tinggi, lebih cenderung mengembangkan kanker prostat.

Namun, penelitian lain mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara peningkatan asupan omega-3 dan peningkatan risiko kanker prostat. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan pilihan yang terbaik untuk Anda.

Baca Juga: 19 Gejala Kanker Prostat yang Bisa Anda Kenali (Pria & Wanita Wajib Tahu)

11. Folat

Menurut American Cancer Society, kadar folat yang rendah dalam darah dapat meningkatkan risiko kanker. Folat ditemukan dalam banyak makanan, termasuk sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sereal. Namun, folat dalam bentuk suplemen justru dapat meningkatkan risiko.

12. Teh Hijau

Sebuah studi mengungkapkan bahwa seorang pria yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibanding para pria yang tidak mengonsumsi teh hijau. Studi lain mengonfirmasi hubungan antara bahan-bahan utama teh hijau dan risiko kanker prostat yang lebih rendah. Namun, karena uji klinis baru dilakukan pada hewan, uji klinis pada manusia lebih lanjut masih diperlukan.

13. Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin E

Meski vitamin adalah sesuatu yang baik, namun sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan risiko kanker prostat yang agresif.

Menurut National Institute of Health, seseorang tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan jika sudah mendapatkan 15 mg vitamin E dalam sehari.

Nah, itulah beberapa cara mencegah kanker prostat yang wajib Anda tahu. Jika Anda ragu menerapkan cara menghindari kanker prostat seperti di atas, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang risiko yang bisa terjadi, tes skrining medis apa yang harus yang harus dilakukan, riwayat penyakit kanker keluarga, dan mempertimbangkan diet yang tepat.

 

  1. Anonim. Prostate cancer prevention: Ways to reduce your risk. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/in-depth/prostate-cancer-prevention/art-20045641. (Diakses pada 29 Januari 2020)
  2. Anonim. 9 Tips to Prevent Prostate Cancer. https://www.healthline.com/health/9-tips-to-prevent-prostate-cancer#talk-to-your-doctor. (Diakses pada 29 Januari 2020).
  3. Anonim. 8 Easy Things You Can Do to Reduce Your Risk of Prostate Cancer. https://www.menshealth.com/health/a19537335/8-steps-prevent-prostate-cancer/. (Diakses pada 29 Januari 2020).
  4. Anonim. Can Prostate Cancer Be Prevented?. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/prevention.html. (Diakses pada 29 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi