Terbit: 26 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal kesehatan kulit, beberapa minggu yang lalu masyarakat Indonesia digegerkan dengan berita duka salah satu keluarga petinggi negara. Hal ini rupanya berkaitan dengan penyebab kematian salah satu anggota keluarga tersebut yang disebut-sebut terserang kanker kulit. Tidak heran jika penyakit satu ini langsung menjadi sorotan. Apalagi kanker kulit masih terbilang sebagai salah satu kasus yang jarang terjadi di Indonesia.

mencegah-kanker-doktersehat-1

Bicara soal kanker kulit, dilansir dari laman Dr. Axe, penyakit satu ini biasanya ditandai dengan pertumbuhan sel kulit yang sangat cepat dan tidak normal. Kanker kulit sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu: Basal Cell Carcinoma, Squamous Cell Carcinoma dan juga Melanoma. Ketiga jenis kanker kulit tersebut memiliki gejala-gejala yang berbeda. Maka dari itu, bagi Anda yang masih memiliki kesempatan menjaga kesehatan kulit, tidak ada salahnya untuk melakukan sejumlah cara yang ampuh mencegah penyakit satu ini.

1. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Salah satu faktor yang kerap memicu munculnya kanker kulit adalah bahan kimia berbahaya. Tidak hanya yang terkandung pada produk perawatan tubuh saja, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih kandungan bahan pada produk rumah’ tangga. Mulai dari pengharum ruangan, obat nyamuk, detergen, dll.

2. Memperbanyak Asupan Air Putih

Salah satu cara untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembap adalah dengan mengonsumsi air putih. Apalagi kondisi sel kulit yang lembap akan mencegah sejumlah penyakit menyerang sel kulit Anda. Kendati demikian, jangan sembarangan mengonsumsi air putih. Pasalnya sejumlah air putih, terutama yang berasal dari air keran mengandung mineral yang mengendap di dalam tubuh. Kondisi yang demikian tentu akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air putih yang sudah melalui tahap filterisasi sebelumnya.

3. Mengonsumsi Makanan Segar

Dilansir dari laman Dr. Axe, salah satu cara untuk mencegah kanker kulit adalah dengan mengonsumsi makanan segar. Misalnya saja buah dan sayur yang dikenal sebagai sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Apalagi kandungan antioksidan dapat memperkuat imunitas sel kulit sekaligus melindungi kulit lebih optimal dari dampak buruk radikal bebas yang memicu kanker kulit.

Wah, siapa yang akan menyangka jika sejumlah cara di atas ternyata dapat mencegah Anda terserang kanker kulit. Kendati demikian, jangan lupa pula untuk selalu menggunakan sunscreen atau sunblock saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Hindari pula mengonsumsi alkohol ataupun makanan cepat saji.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi