Inilah Cara Ampuh untuk Mencegah Kanker Hati

doktersehat-kanker-payudara

DokterSehat.Com– Anda pasti setuju jika kanker masuk ke dalam daftar penyakit mematikan di dunia. Sebab, tidak sedikit penderita kanker yang berakhir dengan kematian. Kanker bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita, tua maupun muda. Penyakit ini bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Ada banyak jenis kanker di dunia, salah satunya adalah kanker hati. Kanker hati sangat ditakuti karena sampai detik ini masih belum ditemukan obatnya. Meskipun demikian, masih ada cara untuk mencegah pertumbuhan sel kanker ini. Adapun cara untuk mencegah kanker hati adalah sebagai berikut:

1. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit kanker bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sama halnya dengan kanker hati, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut agar kanker hati tidak mengintai Anda. Hal ini dikarenakan alkohol dan rokok dapat meningkatkan risiko sirosis hati dan bisa menyebabkan kerusakan hati.

2. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

Mungkin tanpa disadari, bahwa tubuh Anda sering terkontaminasi oleh bahan kimia, contohnya adalah makanan. Sebab, banyak makanan yang menambahkan kandungan bahan kimia di dalamnya, seperti bahan pengawet atau bahan kimia lainnya yang terlalu banyak. Terlebih lagi saat Anda mengonsumsi makanan yang Anda beli di luar rumah. Makanan yang mengandung bahan kimia tersebut bisa memicu risiko penyakit kanker hati. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengurangi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya agar tubuh Anda terbebas dari penyakit berbahaya, salah satunya kanker hati.

3. Penyakit Hepatitis

Selain makanan dan kebisaan buruk yang dilakukan sehari-hari, kanker hati juga bisa disebabkan oleh faktor penyakit lain, yakni virus hepatitis.  Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui penggunaan jarum suntik bersama dan kontak seksual yang tidak aman. Untuk menghindari virus tersebut, mulai saat ini Anda harus menghindari berbagai jarum suntik, kontak seksual yang sembarangan, serta tranfusi darah yang tidak sesuai dengan aturan.