5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Wanita Pasca Seks

infeksi-saluran-kemih-pasca-seks-doktersehat

DokterSehat.Com – Seks memberikan kenikmatan pada pria dan wanita. Namun, seks yang dilakukan dengan intens juga memiliki efek samping. Salah satu efek samping dari seks yang dilakukan dengan intens adalah munculnya infeksi saluran kemih . Infeksi ini banyak sekali terjadi pada wanita dan sering sekali diabaikan.

Nah, agar seks yang Anda lakukan dengan pasangan bisa berjalan mulai dari awal hingga setelahnya, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini. Dengan melakukannya, Anda akan mengecilkan peluang terjadinya gangguan pada saluran kemih. Simak, baik-baik dan terapkan setelah melakukan seks dengan pasangan.

  1. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup sebelum dan sesudah melakukan seks. Minum sebelum seks dilakukan untuk menghindari terjadi dehidrasi selama melakukan sanggama. Sementara itu, minum setelah seks bisa digunakan untuk menghindari adanya kelelahan dan memperkecil terjadinya infeksi setelah seks.

Coba minum 1-2 gelas air putih hingga habis. Selanjutnya tunggu beberapa saat sebelum akhirnya mandi. Setelah seks jangan langsung tidur apa pun alasannya. Kalau Anda langsung tidur, kotoran yang ada di dalam vagina tidak akan bisa dibersihkan dengan mudah.

  1. Kencing terlebih dahulu

Saat melakukan seks dan penetrasi berjalan cukup intens, penis akan kelaur masuk dan membawa mikroba dari luar. Kemungkinan di dalam vagina masuk bakteri yang bersifat merugikan akan tinggi. Oleh karena itu wanita disarankan untuk kencing terlebih dahulu agar beberapa kotoran ikut keluar.

Kalau Anda belum bisa berkemih, coba untuk minum terlebih dahulu sebanyak 1-2 gelas. Setelah beberapa saat, Anda akan merasakan kebelet berkemih. Segera ke kamar mandi untuk sekalian membersihkan diri. Ajak pasangan ikut mandi juga agar kebiasaan baik ini dilakukan bersama-sama.

  1. Membersihkan vagina dengan benar

Setelah kencing, coba bersihkan lagi vagina hingga ke dalam. Anda bisa menggunakan jari untuk mengorek cairan seks yang masih tersisa di dalam. Guyur dengan air bersih sampai tidak ada kotoran lain. Saat membersihkan vagina, jangan sekali-kali menggunakan cairan sabun.

Kalau Anda menggunakan cairan sabun tertentu, kemungkinan terjadi gangguan di vagina akan besar. Cairan sabun akan membuat flora normal yang ada di dalam vagina jadi mati. Kalau sudah mati, bakteri yang bersifat merugikan bisa masuk dan akhirnya menyebabkan infeksi saluran kemih yang berbahaya.

Tingkat kebersihan vagina tidak dilihat dari seberapa kesat rongga dalam dari vagina, tapi seperlunya saja. Percuma pakai sabun hingga kesat kalau membunuh flora normal yang ada di dalamnya.

  1. Mengganti celana dalam pasca seks

Setelah bercinta dengan pasangan, selalu ganti celana dalam. Mungkin Anda menganggap kalau celana dalam tidak kotor. Tapi saat pemanasan ada kemungkinan cairan kemaluan ikut keluar dan akhirnya mengering di celana dalam. Kalau Anda tetap memakainya, ada kemungkinan bakteri atau jamur berkembang dan masuk ke area vagina.

Selain celana dalam, ganti juga seprai kalau terkena cairan kemaluan. Usahakan membersihkan semua hal yang terkena cairan kemaluan saat seks.

  1. Mengonsumsi makanan probiotik

Setelah mandi dan membersihkan area kewanitaan, ada kemungkinan flora normal terjadi gangguan. Cara terbaik untuk mengembalikan flora normal atau bakteri baik di dalam vagina agar melindungi organ itu adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Beberapa makanan atau minum probiotik adalah yoghurt dan kimchi.

Inilah lima hal yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan vagina pasca seks dilakukan.