Mencegah Terjadinya Infeksi saat Berada atau Mengunjungi Rumah Sakit

mencegah-infeksi-di-rumah-sakit-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Tidak bisa dimungkiri lagi kalau rumah sakit adalah tempat yang sudah banyak menyelamatkan banyak nyawa. Mereka yang sedang kronis bisa sembuh saat dirawat dengan intensif di sini. Lebih lanjut, rumah sakit juga memiliki banyak tenaga ahli sehingga berbagai gangguan bisa segara diketahui penyebabnya.

Meski rumah sakit bisa menjadi tempat terbaik untuk mengatasi aneka gangguan pada tubuh. Pada kondisi tertentu, rumah sakit juga merupakan sumber dari bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Oleh karena itu, Anda yang sedang di rumah sakit untuk menjaga keluarga atau berkunjung ada baiknya untuk tetap menjaga diri agar tidak terjadi infeksi.

Mencegah infeksi di rumah sakit pada pengunjung

Sebagai pengunjung yang hanya beberapa menit atau jam di rumah sakit, menjaga diri tetap harus dilakukan. Agar tidak terjadi infeksi, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Gunakan masker sejak datang ke rumah sakit

Rumah sakit sangat luas dan banyak orang sakit dengan berbagai kondisi. Meski sudah ada ruang pengelompokan hingga isolasi, namanya virus dan bakteri bisa saja lolos keluar. Selain itu, ukurannya yang kecil juga susah dilihat sehingga waspada sejak awal harus dilakukan agar tidak terkena infeksi.

  1. Gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh pasien

Sebelum dan sesudah menyentuh pasien untuk bersalaman atau sekadar memberi semangat harus menggunakan cairan pencuci tangan. Dengan cairan ini, bakteri yang Anda bawa sejak dari luar tidak akan menempel ke pasien. Pun sebaliknya bakteri atau virus yang mungkin menempel pada pasien tidak akan ikut menempel balik dan menyebabkan masalah.

  1. Gunakan jalur yang benar untuk mengunjungi pasien

Rumah sakit memiliki jalur-jalur yang boleh digunakan oleh pasien dan lajur yang hanya boleh digunakan oleh pegawai. Ada baiknya Anda mengikuti jalur yang biasanya dipakai dan tidak melalui beberapa zona yang diisolasi. Area yang biasanya dilewati biasanya lebih aman dan bebas dari penularan penyakit.

  1. Sebisa mungkin jangan menggunakan toilet di rumah sakit

Kalau Anda sedang kebelet saat berada di rumah sakit, ada baiknya untuk tidak menggunakan toilet di sana. Toilet di rumah sakit digunakan oleh banyak orang termasuk pasiennya. Oleh karena itu, lebih baik ditahan dahulu dan buang air di luar rumah sakit.

  1. Patuhi aturan di rumah sakit

Patuhi segala aturan yang ada di rumah sakit. Misal ada area isolasi yang tidak bisa dimasuki, Anda tidak boleh datang ke sana. Dengan mematuhi aturan yang ada, Anda akan selalu aman sehingga pasca kunjungan dari rumah sakit Anda tidak akan merasakan sakit akibat infeksi dari bakteri atau virus.

Mencegah infeksi di rumah sakit pada penunggu orang sakit

Kalau Anda di rumah sakit untuk menunggu keluarga yang sedang sakit dan sampai menginap, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Selalu bersihkan tangan setelah memegang pasien

Anda yang menjaga pasien di rumah sakit pasti sering menyentuh tubuh pasien hingga mengatarnya ke kamar mandi. Tangan pasti akan banyak terkena virus atau bakteri. Oleh karena itu selalu cuci tangan hingga bersih dan juga menggunakan pembersih setiap menyentuh pasien.

  1. Gunakan masker kalau penyakitnya menular melalui udara

Masker harus digunakan kalau berdekatan dengan pasien. Kalau Anda berada di ruangan yang memiliki lebih dari satu pasien, masker harus ganti setiap harinya. Kalau Anda merasa pengap, lepas masker saat berada di luar ruangan.

  1. Selalu patuhi perintah dari dokter

Patuhi apa saja yang diperintahkan oleh dokter. Misal dokter menyuruh membantu pasien dengan cara tertentu agar terhindar dari infeksi. Lakukan hal itu dengan baik agar tetap sehat dan tidak menjadi sakit pasca menjaga.

  1. Jangan menyentuh sesuatu sembarangan

Jangan menyentuh bagian tubuh pasien secara sembarangan atau menyentuh beberapa bagian dari rumah sakit yang dilarang. Kalau menyentuh sembarangan bisa jadi yang disentuh bisa menyebarkan bakteri dan memicu infeksi.

  1. Perhatikan tempat untuk tidur

Perhatikan tempat yang Anda gunakan untuk tidur. Usahakan tetap bersih sehingga Anda tetap nyaman dan tidak ikut sakit. Jangan tidur di dekat pasien dalam satu tempat meski tempat masih lebar.

Meningkatkan daya tahan tubuh saat berada di rumah sakit

Khusus Anda yang berada di rumah sakit dalam jangka waktu lama untuk menjaga seseorang yang sakit, ada baiknya untuk tetap meningkatkan daya tahan. Dengan daya tahan yang meningkat, meski terpapar virus atau bakteri, kemungkinan terjadi infeksi dan sakit jadi rendah. Lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Usahakan untuk tetap makan tiga kali sehari dengan gizi yang seimbang. Saat makan jangan lupa untuk mencari tempat yang lebih bersih dan steril, jangan di dekat pasien atau ruangan. Cuci tangan hingga bersih dan selalu bawa hand sanitizer.
  • Tetap penuhi kebutuhan air putih setiap hari sebanyak 6-8 gelas. Air putih akan bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan Anda tetap merasa lebih segar setiap harinya.
  • Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus terlebih dahulu.
  • Kalau Anda tidak sempat memenuhi kebutuhan vitamin untuk daya tahan, selalu gunakan multivitamin agar tidak mudah sakit.
  • Tetap penuhi kebutuhan tidur setiap harinya sebanyak 6-8 jam. Anda harus bergantian dengan orang lain agar tidak terlalu lelah dan berujung sakit.

Inilah sedikit ulasan tentang cara mencegah terjadinya infeksi saat berada di rumah sakit. Nah, menurut Anda, apa saja yang sering terlupakan dari seseorang saat mengunjungi rumah sakit atau menjaga pasien di sana? Semoga setelah mengetahui beberapa hal di atas, Anda bisa mencegah aneka infeksi berbahaya.