3 Cara Sederhana Mencegah dan Mengatasi Gusi Berdarah

doktersehat kesehatan mulut

DokterSehat.Com– Sariawan dan gusi berdarah merupakan masalah mulut yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Terkadang, gusi berdarah bisa terjadi akibat makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh mulut yang tidak dijaga kebersihannya sehingga menjadi sarang bagi kuman dan bakteri penyebab gusi luka dan berdarah.

Kuman dan bakteri tersebut juga bisa menyebabkan penumpukan plak di garis gusi yang bisa membuat radang gusi. Untuk mengatasi gusi berdarah, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masalah gusi berdarah bisa terjadi akibat kebersihan mulut yang tidak dijaga. Oleh sebab itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan membersihkan mulut sedikitnya dua kali sehari. Kondisi mulut yang selalu bersih bisa mengurangi risiko terjadinya gusi berdarah. Tidak hanya itu saja, gusi yang sehat juga bisa mencegah terjadinya penyakit serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Kurangi Merokok

Merokok memang sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tak jarang, mereka akan mengalami ketagihan sehingga ingin menghisap rokok secara terus menerus. Hal ini terjadi karena rokok mengandung suatu zat candu yang bisa membuat penikmatnya ketagihan. Selain itu, rokok juga bisa mengundang berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gusi berdarah dan juga penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, kurangi risiko berbahaya tersebut dengan berhenti merokok secara perlahan.

3. Hindari Makanan Bertekstur Keras

Anda harus bisa menghindari makanan yang memiliki tekstur keras karena bisa menyebabkan gusi luka dan berdarah. Meskipun jenis makanan bertekstur keras seperti kerupuk, keripik, rengginang dan sebagainya sulit untuk dihindari, tapi sebaiknya Anda memikirkan dampak buruk yang akan terjadi setelahnya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak agar gusi Anda terhindar dari masalah gusi berdarah.