Tak Ingin Terkena Diabetes? Rajinlah Sikat Gigi!

Doktersehat-cara-membersihkan-gigi

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari, yakni di pagi hari dan sebelum tidur malam. Sayangnya, karena sudah kelelahan atau mengantuk, banyak orang yang memilih untuk tidak menyikat gigi sebelum tidur. Padahal, kebiasaan ini bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan seperti gigi berlubang hingga masalah bau mulut. Bahkan, menurut pakar kesehatan, kebiasaan malas menyikat gigi ini juga bisa berimbas pada datangnya penyakit diabetes tipe 2.

Menurut dr. Mark Hughes dari Harley Street Dental Studio, London, Inggris, rajin menggosok gigi bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan efektif.

“Malas menyikat gigi bisa membuat bakteri menumpuk di dalam mulut. Selain itu, jika sampai kita mengalami gusi berdarah, maka bakteri ini akan masuk ke dalam aliran darah yang ada di dalam kapiler gusi yang akhirnya memicu gangguan pada pembuluh darah. Kondisi ini pun akhirnya bisa memicu datangnya diabetes,” ungkap dr. Hughes.

Selain diabetes, penyakit lain yang juga bisa disebabkan oleh kebiasaan malas menyikat gigi adalah penyakit jantung, stroke, Alzheimer, hingga meningkatnya risiko kelahiran prematur pada ibu hamil.

Pakar kesehatan Keith Arbeitman DDS yang berasal dari Arbeitman and Shein Dentistry, Manhattan, New York, Amerika Serikat menyebutkan bahwa malas menyikat gigi sebelum tidur bisa memicu datangnya penyakit gusi. Selain itu, kebiasaan ini juga membuat sisa makanan saat sarapan pagi, makan siang, makan malam, atau saat kita mengonsumsi camilan tetap ada di dalam gigi. Sisa makanan inilah yang menjadi sumber makanan utama dari bakteri berbahaya. Bakteri ini pun menjadi semakin kuat sehingga akhirnya menyebabkan gigi berlubang dan masalah bau mulut.

Bau mulut ternyata juga bisa menjadi tanda dari masalah diabetes. Apalagi jika gejala ini juga disertai dengan tanda-tanda awal diabetes lainnya seperti mudah merasa haus sehingga membuat kita sering minum dalam jumlah yang sangat banyak, sering buang air kecil, tubuh yang mudah merasakan lelah dengan berlebihan, sering mengalami gatal-gatal dan sariawan pada area organ vital, memburuknya penglihatan, penurunan berat badan, dan hilangnya massa otot di dalam tubuh.