10 Cara Mencegah Diabetes yang Tepat

doktersehat-3J-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/Practical Cures; PracticalCures.com

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan di Indonesia sangat mengkhawatirkan gaya hidup sebagian besar masyarakat tanah air yang sangat berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penderita diabetes di tanah air. Mereka menyebutkan jika ada anggapan yang berkembang di masyarakat dimana diabetes adalah penyakit orang tua sehingga mereka tidak mencegah diabetes sejak dini. Alhasil, saat mereka diketahui mengidap penyakit berbahaya ini, semua sudah terlambat. Lantas, apakah ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah diabetes?

Tahukah anda jika data kesehatan yang berasal dari WHO menyebutkan jika di dunia sendiri, 1,5 juta orang harus meregang nyawanya yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Padahal, jika kita mau menerapkan gaya hidup sehat, 80 persen kasus diabetes ini bisa dicegah dengan baik. Kita pun harus lebih baik dalam mengenal penyakit berbahaya ini sehingga bisa melakukan pencegahan dengan lebih efektif.

Paka kesehatan Professor Sidartawan Soegondo dari Universitas Indonesia menyebutkan jika ada banyak faktor pemicu munculnya diabetes, dari berat badan yang berlebihan, gaya hidup tidak sehat, dan riwayat keluarga yang memiliki diabetes. Namun, belakangan ini gaya hidup masyarakat, khususnya dalam pola makan semenjak usia dini, bisa menimbulkan penyakit diabetes muncul.

Kita bisa melihat contoh yang ada di masyarakat umum dimana banyak orang tua yang berpikir jika anak yang gemuk adalah anak yang lucu dan sehat. Padahal tumpukan lemak pada tubuh anak yang dikombinasikan dengan minimnya aktivitas fisik adalah pemicu utama dari munculnya diabetes di masa depan.

Selain itu, anak-anak sejak kecil tidak dikenalkan dengan makanan sehat layaknya sayur mayur dan juga buah-buahan, dan juga kecenderungan anak dimanjakan dengan makanan yang manis dan kaya gula tentu akan meningkatkan risiko terkena diabetes di kemudian hari. Karena banyak masyarakat yang menyepelekan hal ini, maka kini banyak penderita diabetes yang berusia kurang dari 40 tahun.

10 Tips Mencegah Diabetes

Sebelum terlambat, cobalah 10 cara mencegah diabetes berikut ini:

1. Kurangi lemak tubuh berlebih

Cara mencegah diabetes yang pertama dengan menghilangkan lemak berlebih pada tubuh Anda. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko besar untuk diabetes. Sebaliknya, setiap kilogram (2,2 pon) berat badan yang hilang mengurangi risiko diabetes sebesar 16 persen.

2. Diet rendah kalori berbasis buah dan sayur

Makan berbagai buah dan sayuran – studi pola diet menunjukkan bahwa ini menjadi cara mencegah diabetes. Makanan yang harus dihindari adalah mereka yang kaya lemak trans (juga disebut lemak terhidrogenasi), lemak jenuh, dan gula.

3. Minum air

Studi menghubungkan minuman manis dengan obesitas dan diabetes. Hindari minuman tersebut maka dapat mencegah diabetes dan menurunkan risiko obesitas.

4. Selalu aktif bergerak

Ketidakaktifan fisik meningkatkan risiko diabetes. Olahraga membuat sel lebih sensitif terhadap insulin. Penelitian 2006 tersebut melibatkan relawan yang berolahraga cukup selama 150 menit seminggu. Cara mencegah diabetes ini akan berjalan cepat.

5. Kendalikan stres

Respons stres memicu pelepasan beberapa hormon yang meningkatkan gula darah. Studi menunjukkan bahwa meditasi kesadaran meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres. Aktivitas fisik dan dukungan sosial juga membantu menghilangkan stres.

6. Cukup tidur

Kurang tidur kronis dan kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Sebagai solusinya simak selengkapnya: 4 Cara Ampuh Mendapat Tidur Nyenyak. Namun jika Anda terus mengalami masalah tidur, segera hubungi dokter Anda.

7. Kontrol tekanan darah

Biasanya orang dapat melakukan ini dengan olahraga teratur, diet seimbang dan dengan menjaga berat badan yang sehat dapat mencegah diabetes. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat yang diresepkan oleh dokter Anda.

8. Kurangi risiko penyakit kardiovaskular Anda

Diabetes dan penyakit kardiovaskular memiliki banyak faktor risiko yang umum, termasuk obesitas dan aktivitas fisik.

9. Batasi makanan cepat saji dan diproses

Makanan yang enak dan kaya bumbu, biasanya tinggi garam, lemak dan kilojoule. Untuk mencegah diabetes, sebaiknya Anda memasak sendiri menggunakan bahan-bahan segar dan tidak menggunakan penyedap rasa jika memungkinkan.

10. Jadwalkan janji medis

Ciri-ciri peringatan diabetes tipe 2 kurang dramatis dibandingkan diabetes tipe 1. Itu sebabnya penting untuk menemui dokter Anda secara teratur.

Nah, itulah 10 cara mencegah diabates dengan mudah dan praktis yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba, Teman Sehat!