Terbit: 12 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selain bau mulut yang kurang sedap, masalah yang akan timbul selama berpuasa adalah bibir kering. Hal ini dikarenakan selama berpuasa, asupan cairan akan berkurang sehingga membuat bibir menjadi kering. Bahkan, yang lebih parah adalah bibir menjadi pecah-pecah.

Cegah Bibir Kering Ketika Puasa dengan 3 Bahan Alami Berikut ini

Tak heran jika selama berpuasa, banyak orang yang merasa tidak percaya diri untuk berkomunikasi langsung dengan orang lain. Namun, mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selama berpuasa.  Adapun bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Timun

Timun memiliki kandungan air dan vitamin C yang cukup tinggi. Biasanya, timun digunakan sebagai masker mata yang dipercaya ampuh menghilangkan lingkaran hitam pada mata atau yang disebut dengan mata panda. Ternyata, timun juga bermanfaat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya, Anda hanya perlu meletakkan irisan timun di atas bibir selama 15 menit. Hal ini bertujuan agar vitamin C yang ada pada timun bisa meresap ke dalam kulit bibir. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Lidah Buaya

Sama halnya dengan timun, lidah buaya juga acap kali digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit serta rambut. Umumnya, lidah buaya digunakan sebagai masker wajah agar terlihat segar, cerah, dan kenyal. Sedangkan untuk perawatan rambut, lidah buaya biasanya di jadikan shampoo agar rambut menjadi hitam dan lebat. Namun, tak hanya untuk perawatan wajah dan rambut saja, lidah buaya juga bisa untuk merawat bibir kering dan pecah-pecah. Anda hanya perlu menggunakan bagian lendir atau gel lidah buaya. Oleskan lendiri atau gel tersebut pada bibir, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Dengan begitu, bibir Anda akan menjadi lembab dan tidak kering lagi.

3. Madu

Bahan alami yang terakhir adalah madu. Siapa yang tidak tahu akan menfaat dari bahan alami yang satu ini? Madu dikenal memiliki segudang khasiat untuk kesehatan maupun kecantikan, terutama untuk bibir. Selain bisa mengatasi bibir hitam, madu juga bisa mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. Anda hanya cukup mengoleskan madu pada permukaan bibir, diamkan selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk menghasilkan bibir yang lembap.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi