Mencampur Teh dan Susu, Amankah?

doktersehat-teh-susu
Photo Credit: City Foodsters

DokterSehat.Com-Apakah Anda penggemar minuman milk tea? Minuman yang kini semakin hits ini kian banyak penggemarnya. Namun kira-kira jika susu dicampur dengan minuman lain, apakah kandungan gizinya terpengaruh?

Kini ada berbagai variasi minuman, mulai dari inovasi rasa baru dan campuran baru, milk tea atau teh susu mencampurkan dua jenis minuman yang umum kita konsumsi.

Seperti yang kita ketahui bahwa susu adalah minuman sumber protein yang memberikan manfaat untuk tubuh, sedangkan teh sebagai minuman favorit banyak orang memiliki kandungan antioksidan yang juga baik untuk tubuh. Lalu, apakah dengan mencampur keduanya kita bisa mendapatkan manfaat yang berlipat ganda?

Suatu penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 menyebutkan bahwa protein beta-kasein pada susu mampu memberikan efek yang meningkatkan fungsi antioksidan yang ada pada teh hitam atau teh hijau.

Namun, penelitian tersebut seakan ditolak hasilnya oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 yang menunjukkan bahwa penambahan 10% susu skim pada minuman teh akan mengganggu penyerapan polifenol, dan senyawa pada teh yang bisa melindungi fungsi jantung.

Dengan melihat hasil kedua penelitian di atas, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi hilangnya manfaat teh pada minuman yang dicampur susu yaitu:

  • Menggunakan lebih banyak porsi teh dibandingkan dengan susu
  • Menambahkan susu yang rendah lemak, pilih susu skim yang kandungan lemaknya paling rendah, dan
  • Segera mengonsumsi minuman teh susu agar manfaat dari teh masih bisa kita rasakan, jangan biarkan minuman hingga lebih dari 4 jam.

Nah, jadi kini Anda sudah memahami bahwa mencampur susu dengan teh akan memengaruhi kandungan antioksidan pada teh.

Jadi lakukan tips di atas, agar kita bisa tetap menikmati milk tea dan juga merasakan manfaat dari susu dan teh dengan maksimal ya,