Terbit: 6 November 2019 | Diperbarui: 7 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com РBagi pria, banyak dan tidaknya testosteron di dalam tubuh sangatlah penting. Hormon ini memiliki banyak peranan sehingga tidak bisa dilupakan begitu saja. Melupakan testosteron sama halnya mematahkan tanda kelamin primer dan sekunder pria yang menentukan kesehatan  seksual dan reproduksinya.

Cara Menaikkan Testosteron yang Aman dan Alami pada Pria

Kadar Testosteron Pria yang Naik Turun

Kadar hormon testosteron di dalam tubuh hanya bisa dilihat di laboratorium. Namun, tanda langsung pada tubuh terlihat cukup nyata seperti pria yang sering lemas dan juga lelah.

Kadar atau level hormon ini bisa naik atau turun sesuai dengan kondisi tubuh. Kalau sedang naik, gairah seksual pria bisa meningkat, tapi kalau mengalami penurunan, kemungkinan besar memengaruhi kehidupan seks dan juga fungsi organ lainnya.

Nah, untuk memastikan kadar testosteron di dalam tubuh tidak mengalami gangguan, kita disarankan untuk menjaga dan meningkatkannya. Untuk melakukan hal ini Anda tidak disarankan menggunakan obat-obatan tertentu yang berbahaya, tapi dengan beberapa cara yang akan di bahas di bawah ini.

Fungsi Utama Hormon Testosteron

Sebelum membahas materi tentang cara meningkatkan testosteron, ada baiknya jika kita tahu terlebih dahulu apa manfaat dari hormon ini pada tubuh pria.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Membantu perkembangan otot pada pria. Hormon ini membantu otot tumbuh dengan baik sehingga pria bisa mendapatkan tubuh yang besar dan padat. Kalau kadar hormon ini rendah di dalam tubuh, beberapa gangguan akan terjadi semisal otot jadi kendur dan terjadi pecah otot untuk pengganti tenaga.
  • Pria yang mengalami gangguan penurunan testosteron juga mudah sekali menumpuk lemak di dalam tubuh. Itulah mengapa pria yang sudah lanjut usia cenderung lebih gemuk.
  • Turunnya testosteron di dalam tubuh juga menyebabkan gangguan fungsi seksual. Pria akan mengalami penurunan gairah seksual secara masif perlahan-lahan. Kondisi ini juga bisa memicu susahnya mendapatkan ereksi yang sempurna.
  • Hormon ini juga memengaruhi kondisi kesehatan tulang dan tentu saja kesuburan yang dimiliki oleh pria.

Cara Meningkatkan Testosteron secara Alami dan Aman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon testosteron dengan mudah pada tubuh pria.

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Hormon testosteron di dalam tubuh pria akan meningkat kalau kondisi tubuh berjalan dengan lancar. Banyaknya lapisan lemak di dalam tubuh akan menyebabkan hormon menurun dengan cepat dan menimbulkan gangguan.

Agar pria tidak mengalami gangguan itu, mereka disarankan untuk mulai memperbanyak olahraga. Olahraga ini dilakukan untuk menurunkan kadar lemak dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Mengatur Diet atau Pola Makan

Salah satu penyebab banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh adalah pola makan yang tidak benar. Pola makan ini menyebabkan apa saja masuk tanpa bisa dikontrol. Akibat pola makan yang kacau, Anda mengalami surplus kalori dan diubah jadi lemak.

Kalau kadar testosteron di dalam tubuh meningkat, usahakan untuk bisa mengatur pola makan dengan benar. Usahakan kalori harian tidak melebihi batas yang telah ditentukan.

  1. Memperbanyak Makanan yang Mengandung Seng

Konsumsi makanan yang kaya akan seng. Zat itu meningkatkan testosteron dengan lebih mudah dan cepat. Seng bisa didapatkan pada beberapa makanan laut seperti tiram dan aneka kerang lainnya. Mengonsumsi makanan laut akan memicu testosteron naik dan juga libido yang meluap-luap.

Berbarengan dengan makanan yang kaya akan seng, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan jenis ini akan menumpuk lemak terlalu banyak.

  1. Hindari dan Hentikan Merokok

Rokok mempengaruhi kadar testosteron di dalam tubuh dengan cepat. Racun yang ada di dalam rokok bisa membuat tubuh susah memproduksi hormon itu sehingga gangguan seksual dan reproduksi bisa terjadi dengan lebih cepat. Kalau ingin kadar hormon ini naik, sebisa mungkin berhenti merokok.

  1. Meminimalkan Stres Tubuh

Hal kelima yang bisa dilakukan untuk menaikkan level testosteron di dalam tubuh yang aman adalah dengan meminimalkan stres. Kalau pria mengalami stres berkepanjangan dan hampir setiap hari, kadar kortisol di dalam tubuhnya akan terus naik dan hal ini sangat berbahaya.

Kortisol bisa membuat tubuh mudah sekali mengalami inflamasi. Selain itu, kortisol juga menyebabkan seseorang jadi mengalami gangguan pada fungsi hormon lapar dan kenyang. Dampak dari kondisi ini adalah nafsu makan naik dan obesitas yang menurunkan testosteron akan terjadi.

  1. Mendapatkan Asupan Vitamin D

Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan sendiri oleh tubuh kalau Anda berjemur. Namun, tidak semua orang sempat berjemur dan mendapatkan asupan sinar matahari pagi yang sehat. Ada kalanya mereka butuh asupan suplemen khususnya vitamin D3 untuk mencukupi kebutuhannya.

Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang jauh sekali dengan ekuator atau kawasan tropis. Agar tubuh jadi lebih sehat mereka harus makan suplemen vitamin D3 yang diketahui mampu menaikkan level testosteron.

  1. Tidur yang Berkualitas

Kalau seorang pria bisa tidur berkualitas, kemungkinan besar kondisi stresnya akan hilang. Mereka juga bisa mengatur pola makan dengan baik dan level testosteron di tubuhnya meningkat perlahan-lahan. Kalau ingin mengalami kenaikan hormon seks ini sebisa mungkin untuk tidur yang nyenyak.

Sekarang sudah tahu kan apa manfaat dari testosteron dan bagaimana cara alami untuk meningkatkannya tanpa perlu obat atau suntikan?

 

 

Sumber:

  1. Mawer, Rudy. 2016. 8 Proven Ways to Increase Testosterone Levels Naturally. https://www.healthline.com/nutrition/8-ways-to-boost-testosterone. (Diakses pada 6 November 2019)
  2. Barhum, Lana. 2018. How do you boost testosterone naturally?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322508.php. (Diakses pada 6 November 2019)
  3. Leonard, Jayne. 2018. Best foods for increasing low testosterone. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323759.php. (Diakses pada 6 November 2019)
  4. Harvard Medical School. Treating low testosterone levels. https://www.health.harvard.edu/mens-health/treating-low-testosterone-levels. Diakses pada 6 November 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi