Menahan BAB Bisa Sebabkan Kanker Usus

DokterSehat.Com– Buang air besar adalah aktivitas yang wajar kita lakukan setiap hari. Dengan melakukannya, maka kita pun akan bisa mengeluarkan berbagai kotoran di dalam tubuh. Sayangnya, karena berbagai keperluan, terkadang kita harus menahan buang air besar untuk sementara waktu. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar untuk dilakukan, dalam realitanya kebiasaan menahan buang air besar bisa membahayakan kesehatan.

Berdasarkan sebuah penelitiian, disebutkan bahwa kebiasaan menahan buang air besar ternyata bisa menyebabkan kenaikan risiko kanker usus. Bagaimana tidak, kebiasaan ini akan memaksa usus melakukan kontraksi demi menahan kotoran. Hal ini bisa menyebabkan usus mengakami pembengkakan. Jika sampai kondisi ini tidak ditangani dengan baik dan kita tetap terbiasa menahan buang air besar, maka usus pun akan rentan mengalami peradangan. Peradangan inilah yang akhirnya menyebabkan munculnya sel kanker.

Kebiasaan menahan buang air besar sebenarnya juga akan membuat kotoran yang tidak lagi bisa digunakan oleh tubuh terus tersimpan. Padahal, kotoran ini harus segera dibuang demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Sebuah kasus yang terjadi di Inggris bahkan menunjukkan fakta bahwa kebiasaan menahan buang air besar bisa menyebabkan kematian. Sang remaja yang menahan buang air besar selama delapan pekan harus meregang nyawa akibat kotoran di dalam tubuhnya mengeras dan memicu pembengkakan usus parah. Kondisi ini membuatnya terkena serangan jantung fatal dengan kondisi perut yang membuncit parah.

Semakin lama kita menahan buang air besar, semakin banyak kotoran yang menumpuk di dalam perut. Banyaknya kotoran yang mengeras bisa menyebabkan perdarahan internal dan kejang-kejang. Selain itu, pembengkakan usus juga akan menekan organ-organ dalam lainnya yang akhirnya memicu penyakit lain, termasuk serangan jantung.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi menahan buang air besar. Jika memang perut sudah terasa tidak nyaman karena mulai merasakan keinginan untuk melakukannya, segeralah datang ke toilet sehingga kotoran bisa segera dikeluarkan dari dalam perut. Dengan perut yang kembali bersih, maka tubuh pun tetap terjaga kesehatannya.