Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki kulit yang bersih dan putih merupakan salah satu dambaan sebagian kaum Hawa. Apalagi standar kecantikan saat ini selalu dikaitkan dengan warna kulit yang putih. Maka dari itu tidak heran jika sebagian dari Anda akan melakukan beragam cara demi mendapatkan kulit yang putih. Sayangnya, sejumlah orang justru melakukan prosedur yang berbahaya dan dapat memicu sejumlah masalah kesehatan yang cukup serius. Padahal mendapatkan kulit yang putih dapat disiasati dengan menggunakan sejumlah minyak esensial seperti berikut:

Ragam Minyak Esensial yang Ampuh Memutihkan Kulit

1. Minyak Lemon

Dilansir dari laman Skin Light Skin Bright, Anda dapat menggunakan minyak lemon. Minyak diekstraksi dari kulit lemon ini mengandung g limonen, salah satu zat aktif yang ampuh dalam mencerahkan kulit. Tidak hanya itu saja, dalam minyak lemon juga terkandung citric acid yang mampu mencegah pembentukan melanin yang dapat menjadikan kulit tampak lebih gelap. Adanya kandungan citric acid pada minyak lemon juga membantu meratakan warna kulit.

2. Minyak Biji Wortel

Selain minyak lemon, Anda juga dapat menggunakan minyak biji wortel. Minyak esensial satu ini mengandung beta-karoten yang ampuh menekan produksi enzim tironase. Sebagai tambahan informasi, enzim tironase merupakan enzim yang berperan dalam pembentukan melanin. Melanin sendiri merupakan zat pewarna kulit yang kerap menjadikan kulit tampak lebih gelap.

3. Minyak Emu

Anda yang bosan dengan kedua jenis minyak di atas dapat menjajal minyak Emu. Minyak satu ini dilengkapi dengan kandungan fatty acid yang ampuh melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi sinar matahari menjadi salah satu faktor yang menjadikan kulit lebih gelap. Kemampuan minyak Emu yang mencegah sinar UV menembus lapisan kulit ternyata juga ampuh mencegah pembentukan zat melanin. Tidak heran jika kulit akan bebas dari pigmentasi dan tampak lebih cerah.

Selain digunakan secara tunggal, sejumlah minyak esensial di atas dapat digunakan bersama minyak lain. Anda pun dapat mengkombinasikan ketiga minyak di atas untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kendati demikian, jangan lupa pula untuk selalu mengaplikasikan sunscreen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi