Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Warna gigi yang putih bersih bisa menjadi salah satu faktor penunjang penampilan. Sebab itu, sekarang ini banyak bermunculan treatment khusus untuk membuat gigi tampak lebih putih dalam waktu sekejap. Untuk Anda yang tidak terlalu tertarik dengan cara tersebut, jangan khawatir, kami akan pilihkan cara-cara alami memutihkan gigi, yang bisa Anda lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Memutihkan Gigi dari Rumah? Mudah!

Photo Credit: Flickr.com/ Rupert Taylor-Price

Gigi yang menguning, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah konsumsi kopi. Kandungan kafein yang ada pada kopi, dipercaya dapat mengubah gigi menjadi kuning. Namun, Anda jangan khawatir, dilansir dari healthline.com berikut ini tips alami untuk memutihkan gigi Anda.

1. Baking soda

Baking soda memiliki sifat dapat memutihkan. Tidak heran jika baking soda merupakan salah satu komposisi paling popular dalam pembuatan pasta gigi. Baking soda juga bersifat basa yang bisa membantu mencegah perkembangan bakteri. Meski tidak memutihkan secara instan, Anda bisa melihat perbedaan warna gigi setelah rutin menggunakan baking soda. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda memiliki kemampuan memutihkan gigi lebih baik daripada pasta gigi tanpa kandungan baking soda.

2. Cuka apel

Cuka apel sudah digunakan sebagai disinfektan dan pembersih sejak lama. Kandungan acetic acid dalam cuka apel efektif untuk membunuh bakteri. Zat antibakteri yang terkandung dalam cuka apel inilah yang bisa membantu membersihkan mulut dan memutihkan gigi Anda secara alami. Namun, yang perlu diperhatikan adalah acetic acid dalam cuka apel bisa mengikis email gigi. Sehingga, pemakaian cuka apel ini sebaiknya dibatasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran

Beberapa jenis buah yang bagus untuk membantu memutihkan gigi secara alami antara lain adalah strawberry dan nanas. Kandungan pada strawberry dan nanas, bisa membantu memutihkan gigi. Pada nanas bahkan, buah ini mengandung enzim yang biasa terkandung dalam pasta gigi.

Cara alami memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami tersebut, tentu bisa mulai Anda praktikkan sekarang bukan? Jangan lupa untuk mengimbangi dengan mulai mengurangi makanan atau minuman yang dapat mengubah warna gigi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi