Penyebab dan Cara Memutihkan Mata Kuning

penyebab-mata-silinder-doktersehat

DokterSehat.Com – Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Dengan mata, Anda bisa melihat keindahan dunia. Namun mata juga salah satu indra manusia yang paling sensitif karena tidak boleh tersentuh atau kemasukan benda meskipun benda tersebut sangat kecil dan halus. Oleh sebab itu kita harus menjaga supaya mata kita tetap sehat dan bersih.

Karena mata mempunyai sifat yang sangat sensitif, membuat kita sangat sulit untuk menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyebab mata kuning, yang menjadikan kesehatan mata kita berkurang, apalagi dijaman modern sekarang ini pastinya akan menjadi masalah besar bagi kesehatan mata kita. Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja penyebab mata kuning.

Baca juga: Warna Mata Kuning Bisa Jadi Tanda Liver Bermasalah

Penyebab Mata Kuning

Berikut ini penyebab mengapa mata menguning yang perlu Anda perhatikan, Teman Sehat!

1. Mata terkena debu

Mata terkena debu memang hal biasa saat kita sedang berada di luar rumah akan tetapi kita pasti tidak akan sanggup menahan bila mata kemasukan debu dan langsung menggosoknya. Inilah yang menyebabkan kenapa mata kuning saat kita menggosok mata, karena debu yang bersifat kasar akan rentan merusak dan menggores mata kita.

2. Mata terkena asap

Asap memang halus namun asap bisa menyebabkan perih di mata. Saat mata terkena asap, secara replek biasanya tangan akan menggosok mata kita.

3. Menonton TV

Saat kita menonton tv mata kita pasti terfokus pada film yang kita tonton, ini akan menyebabkan otot pada mata kita tegang dan syaraf mata menjadi kaku yang akan membuat mata kita cepat lelah dan dalam waktu lama mata kita akan menguning dengan sendirinya.

4. Terlalu sering di depan layar komputer

Ini adalah faktor masalah yang paling banyak terjadi saat ini, banyak yang tidak tahu bahwa komputer atau laptop memiliki radiasi yang sangat berbahaya bagi mata kita, inilah jawaban mata kuning kenapa. Tidak hanya membuat mata menjadi kuning, terlalu sering berada di depan layar monitor komputer bisa menyebabkan mata menjadi buram dan kabur.

5. Kekurangan vitamin A

Meskipun mata kita jarang terkena debu, asap, menonton TV dan berada di depan layar komputer, mata bisa saja menguning karena kita kekurangan vitamin A. Hal tersebut sering sekali membuat mata kita menjadi kuning dan tanpa kita sadari hal spele ini bisa membuat penglihatan mata kita menjadi lebih terganggu bahkan sampai menyebabkan kabur mata.

Untuk menghindari hal tersebut kita bisa mencegahnya segera meskipun mata kita sekarang sudah kuning, dalam arti kata mata kita masih bisa putih kembali.

Cara Memutihkan Mata

Untuk mengatasi mata yang tampak menguning, berikut ini cara memutihkan mata kuning secara alami yang bisa Anda praktikkan sehari-hari:

1. Cara memutihkan mata dengan daun sirih

Manfaat dari daun sirih memang banyak sekali,dan ternyata daun sirih bisa mengembalikan mata yang berwarna kuning menjadi putih bening kembali.

Caranya: Ambilah beberapa daun sirih kemudian dibersihkan dan direbus sampai mendidih. Setelah mendidih tiriskan air daun sirih ke dalam wadah lalu diamkan sampai air menjadi dingin. Setelah dingin teteskan air daun sirih ke mata Anda. Untuk hasil maksimal celupkan mata Anda ke dalam air sirih sambil mengedipkan mata.

2. Makan buah dan sayuran berwarna

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye dan kuning, seperti wortel, labu, lemon dan jeruk, mengandung vitamin dan antioksidan yang akan membantu cara menghilangkan mata kuning.

Obat mata kuning secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan hijau dan berdaun seperti bayam dan kale juga memiliki khasiat yang baik pada kesehatan mata Anda. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan kacang juga mengandung mineral yang meningkatkan kesehatan mata.

Buah-buahan dan sayuran ini juga akan membantu detoksifikasi hati Anda. Hati yang sehat akan membantu menjaga mata putih dan cerah. Jika hati Anda penuh dengan racun, itu kemungkinan tidak dapat memproses makanan dan vitamin. Detoksifikasi hati Anda dengan minum segelas jus bit saat perut kosong, atau makan wortel dan bayam.

3. Minum banyak air

Mata putih cerah mengandalkan hidrasi yang cukup, dan menjaga tubuh Anda terhidrasi akan membantu mengisi kembali cairan tubuh Anda, sehingga mengurangi bengkak dan kemerahan di mata Anda. Minum 8 hingga 10 gelas air putih setiap hari, atau sekitar 64 ons.

Baca juga: Noda Kuning Di Sekitar Kelopak Mata Tanda Penyakit Jantung

4. Kurangi asupan gula dan karbohidrat olahan 

Mengurangi jumlah makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula, serta gandum, dapat membantu tubuh Anda memproses makanan dengan lebih baik dan detoksifikasi hati Anda. Kurangi jumlah makanan tidak sehat yang Anda makan, terutama di malam hari, yang dapat mengganggu pola tidur yang baik.

5. Tidurlah 7-8 jam setiap hari

Tidur cukup setiap malam akan memastikan bahwa tubuh Anda beristirahat dan dampaknya mata Anda beristirahat dan dikembalikan ke warna putih alami. Dapatkan setidaknya 7 hingga 8 jam tidur setiap malam. Jika Anda kesulitan tidur, cobalah musik yang menenangkan atau 10 menit meditasi sebelum tidur untuk memastikan bahwa tubuh Anda tahu bahwa sudah waktunya untuk tidur.