Memperingati Hari Lupus Sedunia: Kenali Lebih Dalam Tentang Penyakit Mengerikan Ini

lupus-doktersehat

DokterSehat.Com– Setiap tanggal 10 Mei kita memperingati Hari Lupus Sedunia. Penyakit Lupus terjadi saat sistem pertahanan tubuh mengalami kelainan sehingga bukannya akan melindungi tubuh dari berbagai hal penyebab penyakit layaknya kuman, virus, dan bakteri, sistem pertahanan tubuh ini justru akan menyerang tubuh kita sendiri.

Penderita penyakit lupus akan mengalami peradangan di berbagai organ tubuh layaknya pada kulit, persendian, paru, ginjal, otak, darah, da berbagai bagian tubuh lainnya. Mengingat dampak dari penyakit ini sangat mengerikan, Kementerian Kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pun menyarankan setiap orang untuk mengenal lebih dalam penyakit yang lebih sering menyerang wanita ini.

Hanya wanita yang beresiko terkena penyakit lupus?

Penyakit lupus memang identik dengan penyakit yang menyerang wanita. Padahal, dalam realitanya, kaum pria juga beresiko terkena penyakit ini meskipun memang kemungkinannya kecil. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa resiko pria untuk terkena penyakit lupus adalah 1:9 jika dibandingkan dengan resiko yang dimiliki oleh wanita. Hal ini berarti, baik pria atau wanita harus mewaspadai penyebab dan gejala dari penyakit ini.

Lantas, apa penyebab penyakit lupus?

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari penyakit lupus. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa faktor lingkungan, faktor hormonal, dan faktor keturunan atau genetik berperan besar dalam munculnya penyakit ini. Sebagai contoh, jika wanita mengalami kelainan pada hormon estrogen dalam tubuhnya, maka resiko untuk terkena penyakit lupus juga meningkat.

Banyak orang yang berpikir jika faktor utama penyebab penyakit lupus adalah faktor genetik. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini tidak benar adanya. Banyak penderita lupus yang ternyata orang tuanya sama sekali tidak mengidap penyakit ini.

Penyakit lupus bisa menular?

Banyak orang takut berada dekat-dekat dengan penderita penyakit lupus karena berpikir jika penyakit ini bisa menular. Padahal, penyakit ini sama sekali tidak menular. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak perlu khawatir untuk bersentuhan dengan penderita penyakit lupus.