7 Cara Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Persalinan Caesar

penyembuhan-pasca-operasi-caesar-doktersehat

DokterSehat.Com РSetiap wanita selalu berharap untuk bisa melahirkan secara normal, namun di beberapa kondisi tertentu perlu melakukan operasi Caesar. Pasca operasi Caesar, penyembuhan luka pada tubuh wanita biasanya cenderung lama. Lalu, bagaimana cara mempercepat penyembuhan operasi caesar?

Bahkan pada bulan kedua dan ketiga luka masih kerap terasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar luka pasca persalinan segera sembuh, simak beberapa tips di bawah ini.

Hal yang harus diperhatikan pasca operasi Caesar

Setelah melakukan persalinan Ceasar, seorang ibu akan sedikit mengalami perubahan pada tubuhnya. Simak beberapa perubahan di bawah ini agar mudah melakukan tindakan kalau terjadi masalah.

  • Pada 24 jam pertama pasca persalinan, mungkin tidak akan ada banyak perubahan. Kalau wanita sudah sadar, dokter atau perawat akan berupaya mendekatkan bayi agar bisa mendapatkan ASI atau memicu ASI untuk keluar.
  • Pada hari kedua hingga keempat kemungkinan besar akan ada flek atau perdarahan yang keluar. Beberapa wanita mungkin mengalaminya kalau terlalu banyak bergerak untuk berjalan ke kamar mandi atau sekadar bergerak untuk membuat tubuh menjadi nyaman.
  • Nyeri akan sering sekali terjadi di area perut bawah. Rahim yang mengerut setelah persalinan menyebabkan nyeri yang sangat hebat dan kadang menyiksa sehingga dokter kerap memberikan obat nyeri.
  • Hal yang harus diperhatikan pasca persalinan Caesar adalah luka yang mengalami infeksi. Buruknya sanitasi dan tidak bisanya wanita menjaga luka di tubuhnya bisa memicu kondisi infeksi yang sangat berbahaya.
  • Inkontinensia urine bisa saja terjadi sehingga wanita kerap buang air kecil meski kandung kemih belum penuh.

Cara mempercepat penyembuhan operasi Caesar

Persalinan dengan cara normal dan Caesar sama-sama berisiko dan butuh waktu penyembuhan yang lama. Oleh karena itu, simak beberapa cara mempercepat penyembuhan operasi Caesar di bawah ini agar bisa segera beraktivitas dengan normal:

  1. Melakukan banyak istirahat

Aturan pertama agar bisa segera pulih dan sembuh pasca operasi Caesar adalah beristirahat dengan baik. Wanita harus banyak tidur, tidak banyak bergerak, dan sering mengambil tidur ringan. Pada awal persalinan bayi mungkin belum terlalu rewel sehingga waktu istirahat masih bisa maksimal.

Gangguan istirahat yang mungkin terjadi pasca operasi Caesar adalah keluarga atau kerabat yang datang untuk menjenguk. Terkadang banyak orang datang menyebabkan penurunan waktu istirahat. Kalau bisa batasi waktu jenguk atau minta pasangan arau orang tua untuk menemani tamu.

  1. Meminta banyak bantuan pada pasangan

Meminta bantuan pasangan bisa menjadi salah satu cara mempercepat penyembuhan operasi caesar. Bantuan pasangan ini bisa berupa mengatasi bayi yang mulai rewel, mengganti popok, hingga mengangkatnya untuk diberi ASI dan dikembalikan ke kasur. Kalau wanita melakukan sendiri, tentu mereka akan kerepotan.

Kemungkinan terjadi gangguan pada tubuh akan tinggi. Saat bergerak bisa saja luka kembali terbuka dan tidak kering. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan dengan baik agar penyembuhan berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Kalau wanita mengurus bayi sendiri, kemungkinan besar akan terjadi luka dan infeksi.

  1. Belajar untuk mengatasi nyeri

Rasa nyeri akan kerap muncul setelah persalinan. Tugas wanita adalah mengatasi bagaimana caranya agar nyeri tidak terlalu terasa. Kalau nyeri mulai tidak tertahankan, pengompresan dan pengonsumsian obat bisa dilakukan. Dengan manajemen nyeri yang baik, proses penyembuhan akan berjalan lancar dan tidak akan mengganggu secara fisik atau psikologi.

  1. Melakukan pengecekan rutin untuk menghindari infeksi

Operasi Caesar juga menyebabkan luka cukup besar di area bawah perut. Luka ini rentan sekali terbuka dan mengalami masalah. Oleh karena itu, cara mempercepat penyembuhan operasi caesar adalah dengan rutin kontrol agar tidak ada infeksi. Kalau infeksi muncul, luka tidak akan sembuh dengan mudah. Selain itu, ada kemungkinan kerusakan organ yang parah.

Tanyakan pada dokter berapa kali harus melakukan pengecekan luka. Selain itu tanyakan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar luka yang ada pada perut bisa segera sembuh.

  1. Mulai latihan berjalan

Setelah minggu kedua dan luka mulai sembuh, lakukan olahraga ringan dan hanya berkutat di dalam rumah saja. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan jalan kaki setiap pagi atau sore hari selama 15-30 menit atau semampunya. Dengan berjalan kaki Anda tidak akan mudah merasakan muram dan juga stres pasca persalinan.

Cara mempercepat penyembuhan operasi caesar ini juga bisa mengatasi gangguan pembekuan darah dan perdarahan. Selanjutnya, pembuluh darah dan gangguan jantung tidak akan terjadi dan risikonya kecil.

  1. Atasi sembelit yang mengganggu

Masalah dari wanita yang melakukan persalinan adalah sembelit. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah kalau wanita mengejan terlalu kuat. Luka di perut akan terbuka kembali dan akhirnya mengalami perdarahan. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengonsumsi banyak makanan berserat seperti buah dan sayur.

  1. Mengatasi masalah jangka panjang

Selain beberapa masalah di atas, cara mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar  adalah mengetahui efek jangka panjang. Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah depresi, kerusakan organ, inkontinensia urine, dan lemahnya otot di panggul. Hal-hal seperti ini harus diwaspadai agar tidak terjadi masalah seks dan reproduksi di kemudian hari.

Itu dia sekilas mengenai cara mempercepat penyembuhan luka operasi caesar yang perlu dilakukan. Kira-kira mana saja yang sebelumnya tidak Anda ketahui? Semoga semakin menambah pengetahuan Anda dan bisa selalu waspada dengan kondisi kehamilan hingga persalinan.