Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bicara soal minyak esensial, bahan satu ini merupakan salah satu referensi yang banyak dipilih untuk merawat kulit secara alami. Apalagi minyak esensial terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dari bahan baku pembuatannya.

Tips Memilih Minyak Esensial yang Tepat

Kendati demikian, jangan sampai salah pilih minyak esensial. Pasalnya kualitas dari minyak esensial mempengaruhi hasil yang diberikan. Nah, berikut sejumlah tips yang bisa Anda praktekkan untuk memilih minyak esensial yang berkualitas.

1. Pilihlah Minyak Esensial yang Murni

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli minyak esensial adalah tongkat kemurniannya. Apalagi semakin tinggi tingkat kemurnian minyak esensial, maka semakin tinggi pula kualitasnya. Dilansir dari laman Annmarie Gianni, tidak semua minyak esensial memiliki tingkat kemurnian 100% karena bahan bakunya yang susah untuk diekstraksi.

Tidak heran jika sejumlah produsen menyiasatinya dengan menambahkan zat sintetis atau pun zat adiktif di dalamnya. Tentu saja penambahan zat-zat tersebut juga akan berpengaruh pada kulit. Terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif.

2. Pilihlah Kombinasi yang Tepat

Sebagian dari Anda tentu kerap Mengombinasikan beberapa jenis minyak esensial secara sekaligus untuk mendapatkan hasil yang beragam. Terkait dengan hal tersebut, rupanya pencampuran beberapa minyak esensial ini juga harus diperhatikan mengingat setiap minyak esensial memiliki aroma yang berbeda. Akan lebih baik jika Anda mencampurkan minyak esensial yang memiliki tingkatkan aroma yang berbeda. Kombinasi dengan aroma dasar yang kuat akan menjadikan campuran minyak Anda memiliki aroma yang lebih menyegarkan.

3. Pilihlah Sesuai Kegunaan

Hal terakhir yang disarankan oleh laman Annmarie Gianni adalah pilihlah minyak esensial yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda ingin meredakan jerawat meradang, maka gunakan minyak tea tree yang mengandung antiseptik dan zat anti peradangan di dalamnya.

Anda juga dapat menggunakan minyak minyak yang memberikan sensasi dingin. Berbeda lagi jika Anda ingin menjaga kelembapan kulit. Minyak yang tepat untuk menjaga kelembapan kulit adalah minyak kelapa atau minyak zaitun.

Nah, sejumlah hal di atas dapat diaplikasikan dalam memilih minyak esensial yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kendati demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal jangan malas untuk mengaplikasikannya secara teratur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi