Inilah Makanan Sehat Saat Puasa yang Bisa Anda Coba

Doktersehat-menu-sehat-saat-puasa
Photo Credit: Flickr.com/Anna Verdina (Karnova)

Doktersehat.com – Pada dasarnya, berpuasa tidak hanya dilakukan di bulan Ramadan saja. Aktivitas membatasi asupan makan dan minum pada tubuh ini bisa dilakukan kapanpun diluar bulan Ramadan.

Meski asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh terbatas, hal itu tidak berarti mengabaikan makanan-makanan sehat. Kendati demikian, banyak masyarakat melewatkan makanan sehat dan lebih memilih makanan yang mengenyangkan saja.

Padahal, tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi ketimbang hanya rasa kenyang. Lantas, menu sehat saat puasa apa yang seharusnya tersaji di meja makan?

baca juga: Mana yang Lebih Efektif untuk Turunkan Lemak Pasca Puasa, Lari atau Renang?

Perlu diketahui, nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karenanya tidak ada satu jenis makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Hal utama yang harus diperhatikan di makanan sehat saat puasa adalah menu sahur.

Makan sahur membantu menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk karbohidrat kompleks seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan-makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan karbohidrat kompleks, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Makanan yang baik saat puasa, baik itu sahur dan berbuka sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan.

Selain itu, minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Sementara teh dan kopi yang bersifat diuretik (menyebabkan buang air kecil terus menerus) sebaiknya dihindari selama puasa agar tidak dehidrasi. Buah yang bisa Anda nikmati selama puasa adalah pisang karena tinggi potasium, magnesium, dan karbohidrat.

Pada waktu berbuka, cobalah konsumsi kurma sebanyak 3 butir. Kurma merupakan sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium. Kurma adalah salah satu makanan sehat saat puasa yang dipercaya mampu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Berikut ini adalah menu sehat saat puasa lainnya yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Aneka sayuran hijau dan berwarna

Ada tiga sayuran yang mudah ditemukan dan khasiatnya luar biasa, yaitu bayam, wortel dan brokoli. Tiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan. Semua sayuran dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai tumisan, jus, hingga salad.

  • Daging merah dan ikan

Konsumsi daging merah dan ikan agar kebutuhan protein Anda tercukupi. Khususnya untuk daging, pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak, sehingga Anda masih dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh.

  • Susu

Susu adalah sumber kalsium yang baik. Susu juga punya manfaat lain yaitu bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi karena kalsium bisa mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls saraf dan menstabilkan detak jantung.

baca juga: Walau Sudah Tak Puasa, Kenapa Lidah Masih Terasa Pahit?

  • Gandum

Produk-produk gandum biasanya dapat dinikmati dalam bentuk roti atau sereal. Produk makanan ini kaya akan selenium yang membantu memperbaiki sel-sel kulit dan meregenerasinya.

  • Buah

Buah-buahan menyediakan aneka nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin hingga mineral yang semuanya dibutuhkan tubuh sepanjang hari. Buah yang kaya akan vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, dan melon dipercaya membantu proses metabolisme tubuh.

Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah menjaga agar lambung tidak kaget saat menerima asupan makanan. Ada baiknya Anda tidak langsung mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin. Awali buka puasa dengan yang manis dan hangat terlebih dahulu.