5 Kelebihan Memerah ASI dengan Tangan

memerah-asi-dengan-tangan-doktersehat-1

DokterSehat.Com– Memerah ASI merupakan kegiatan penting untuk mendukung si kecil mendapatkan manfaat ASI. Saat ini, Anda bisa memerah ASI menggunakan pompa ASI maupun memompa dengan tangan (marmet). Meskipun memompa ASI dengan pompa lebih praktis, namun banyak pakar laktasi menyarankan memerah ASI dengan tangan. Mengapa?

Kelebihan memerah ASI dengan tangan (marmet)

Memerah ASI memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi. Dengan rajin memompa ASI ibu dapat terhindar dari mastitis, menjaga produktivitas ASI dan dapat memperbanyak stok ASI perah bagi ibu bekerja.

Untuk memerah ASI, sejumlah pakar laktasi menyarankan untuk melakukannya dengan tangan. Beberapa manfaat memerah ASI dengan tangan antara lain:

1. Merangsang payudara bekerja ekstra

Gerakan tangan saat memerah ASI dapat merangsang jaringan payudara untuk memproduksi ASI dengan lebih baik. Akibatnya, produksi ASI dapat lebih melimpah. Selain itu gerakan pijatan di sekitar payudara juga dapat melancarkan peredaran darah yang mmabuat sirkulasi darah menjadi lebih baik.

2. Lebih fleksibel dalam mengatur tekanan

Tidak semua pompa ASI memiliki fitur unuk mengatur tekanan atau kekuatan saat memompa. Jika memompa dengan tangan, Anda akan lebih mudah untuk mengatur tekanan pijatan sesuai kebutuhan.

3. Bisa dilakukan di mana saja

Memerah ASI secara manual dengan tangan bisa dilakukan di mana saja tanpa tergantung baterai atau suplai listrik. Anda hanya perlu menyediakan plastik atau botol ASI dan cool bag untuk menampung ASI.

4. Lebih praktis dan ekonomis

Memerah ASI dengan tangan tentunya lebih ekonomis karena Anda tidak perlu membeli peralatan khusus. Selain itu Anda juga tidak perlu membawa peralatan pompa ASI setiap bepergian.

5. Mudah dibersihkan

Peralatan pompa ASI butuh waktu lebih lama untuk dibersihkan dibanding jika Anda memerah ASI dengan tangan. Namun bagi Anda yang memerah ASI dengan tangan, maka Anda perlu memerhatikan kebersihan tangan dengan baik agar tidak berisiko menyebarkan kuman atau bakteri pada bayi.