8 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Sehat (No. 5 Penting)

kebersihan-kasur-doktersehat

DokterSehat.Com – Rata-rata kita menghabiskan sekitar 6-8 jam di dalam kamar tidur untuk membuat tubuh kembali bugar. Sayangnya, belum banyak yang tahu bagaimana cara membuat kamar tidur sehat. Kalau kamar tidur kotor, tentu akan memengaruhi kesehatan.

Tips Membuat Kamar Tidur Sehat

Apa pun yang terjadi, kamar tidur harus dijaga kebersihannya. Dengan begitu, Anda akan selalu sehat saat tidur di dalamnya dari malam sampai pagi hari. Kalau Anda bingung bagian apa saja yang harus dijaga kebersihannya, simak beberapa tips menarik di bawah ini.

  1. Ganti seprai secara rutin

Seprai adalah kain pelapis dari kasur yang akan langsung melakukan kontak dengan kulit. Kalau seprai kotor dan tidak diganti, bisa dibayangkan berapa banyak bakteri yang akan tumbuh dan akhirnya mengenai kulit. Bisa jadi kulit menjadi gatal dan juga menyebabkan alergi pada beberapa orang.

Normalnya seprai diganti setiap minggu. Kalau Anda termasuk orang yang mudah sekali berkeringat, seprai mungkin bisa diganti setiap beberapa hari sekali. Siapkan seprai dalam jumlah yang banyak di rumah. Jika terlihat kusam dan baunya tidak enak, segera ganti sebelum menyebabkan masalah.

  1. Bersihkan setiap hari

Bersihkan kamar tidur setiap harinya. Kamar tidur akan kotor meski tidak terlihat. Biasanya debu akan terkumpul di beberapa tempat. Meski terlihat bersih, Anda tetap harus menyapunya secara rutin. Lebih baik mencegah ruangan jadi kotor daripada malas membersihkannya kalau kotoran sudah menumpuk.

Karena kebersihan dari kamar tidur sangat penting, ada baiknya untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengotori ruangan. Misal makan di atas kasur atau di sekitar kamar tidur. Kalau makan di dalam ruangan, segera bersihkan sisa kotoran dan jangan menumpuk piring kotor di meja. Kamar tidur harus steril dari sesuatu yang kotor.

  1. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik

Pastikan ruangan yang dijadikan untuk kamar tidur memiliki sirkulasi udara yang sangat baik.Sirkulasi udara yang sangat baik akan menghindari ruangan menjadi sangat pengap dan Anda yang tidur di dalamnya tidak bisa menikmati istirahat dengan maksimal dan sering terbangun.

Sebisa mungkin ruangan untuk kamar memiliki jendela atau angon-angin yang lebar. Dengan dua hal ini ruangan akan menjadi lebih nyaman saat digunakan untuk tidur.

  1. Beri beberapa jenis tanaman

Beberapa orang lebih suka memasang aksesori yang menarik di dalam kamar dalam jumlah banyak. Sayangnya, aksesori itu tidak bisa digunakan atau tidak memiliki fungsi yang baik. Daripada memasang aneka aksesori dan memenuhi ruangan, ada baiknya menaruh tanaman di dalam ruangan.

Tanaman yang ada di dalam ruangan tidak perlu terlalu besar dan mudah perawatanya. Selain itu, usahakan tanaman yang berada di dalam ruangan bisa memberikan tambahan kesegaran dan menyerap racun dari udara. Beberapa tanaman seperti lidah mertua bisa menyerap racun dan cocok diletakkan di dalam kamar.

  1. Jaga kelembapan udara

Selalu jaga kelembaban udara di dalam kamar. Beberapa orang membiarkan udara kamarnya menjadi pengap, panas, dan kering. Udara yang seperti ini rawan sekali menyebabkan seseorang menjadi sakit. Bahkan, orang yang sudah sehat sekali pun akan mengalami masalah dan tidurnya tidak nyenyak.

Anda bisa menggunakan AC atau humidifier agar ruangan menjadi lebih segar dan tidak membuat Anda susah untuk bernapas. Udara yang sejuk cenderung membuat tidur jadi lebih nyaman. Anda bisa membeli humidifier untuk satu ruangan atau humidifier kecil yang diletakkan di meja dekat dengan kepala kita.

  1. Perhatikan pencahayaan

Perhatikan pencahayaan ruangan untuk tidur yang Anda miliki. Ruangan untuk tidur harus memiliki pencahayaan yang berlapis. Artinya ada lampu untuk cahaya cukup terang dan lampu untuk cahaya redup. Dengan lapisan lampu ini Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Lampu yang redup biasanya lebih mudah untuk tidur.

Kalau di dalam kamar tidak ada lampu yang berlapis, ada baiknya untuk menggunakan lampu tidur yang bisa dipasangkan pada stop kontak. Lampu tidur biasanya memiliki cahaya redup dan membuat suasana jadi lebih nyaman.

  1. Beri aroma terapi

Kalau Anda sedang kelelahan dan mengalami stres, tidur mungkin akan sedikit sulit dilakukan. Oleh karena itu ada baiknya untuk menggunakan aroma terapi untuk membuat ruangan jadi lebih nyaman. Anda bisa menggunakan aromaterapi jenis tertentu yang disukai misal aroma lavender, jeruk, atau aroma pinus.

Pasang pewangi yang bisa menyemprotkan kebugaran setiap beberapa menit sekali atau letakkan di depan AC atau kipas yang digunakan agar udaranya bisa segera menyebar dengan cepat.

  1. Tidak banyak perangkat elektronik

Disadari atau tidak perangkat elektronik bisa mengganggu kualitas tidur dari seseorang. Hal ini terjadi karena membuat seseorang menjadi susah tidur dengan cepat. Dampaknya waktu tidur jadi terpotong dalam jumlah banyak. Saat menggunakan perangkat seperti televisi atau laptop, rasa kantung akan susah muncul.

Kalau Anda bekerja di kamar, ada baiknya untuk meletakkan berangkat di luar ruangan sesudahnya. Pindah televisi ke ruang lain agar tidak mengganggu Anda saat tidur. Semakin sedikit mengganggu, Anda bisa beristirahat dengan lebih mudah dan juga cepat.

Inilah beberapa cara untuk menjaga kebersihan dari kamar tidur dan membuat Anda jadi lebih sehat ketika beristirahat. Dari beberapa tips di atas, mana saja yang sudah Anda lakukan sebelumnya? Selain itu, apa saja kebiasaan buruk yang sudah Anda lakukan di dalam kamar tidur dan harus segera diatasi agar tubuh tidak mendapatkan efek sampingnya.