DokterSehat.Com– Selain lengan, pergelangan tangan juga menjadi salah satu bagian tubuh yang bisa memicu penampilan seseorang. Pasalnya, dengan pergelangan tangan yang kecil, seseorang akan menjadi terlihat kurang perkasa dan lemah. Hal ini berlaku untuk semua orang, terutama kaum adam. Sebab, pergelangan tangan yang besar bisa menambah rasa percaya diri, apalagi ketika berjabat tangan dengan orang lain.

membesarkan-otot-lengan-doktersehat

Namun, membesarkan pergelangan tangan bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha ekstra dan latihan yang tidak sebentar. Apalagi orang yang berbadan kurus, maka proses ini akan memakan waktu yang lebih rumit dan lebih lama.

Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa jenis latihan yang dipercaya bisa membuat pergelangan tangan menjadi besar dalam waktu yang singkat. Apa saja latihan tersebut? Berikut diantaranya:

  • Knuckle Push Up

Latihan yang satu ini adalah variasi dari push up. Praktiknya pun sederhana, Anda hanya melakukan posisi push up pada biasanya. Hanya saja, tangan harus mengepal sekuat-kuatnya. Jadi, otot akan bertumpu pada pergelangan sehingga perkembangan otot pergelangan pun semakin cepat. Usahakan untuk melakukan latihan ini secara rutin selama 10 sampai 20 menit setiap hari untuk hasil maksimal.

  • Palm Up Wrist

Mungkin Anda masih asing dengan jenis latihan yang satu ini. Sebab, palm up wrist memang jarang digunakan dalam kebugaran. Namun, gerakan ini memfokuskan kekuatan pada pergelangan tangan. Latihannya pun menggunakan alat bantu dumbbell. Pertama-tama Anda harus duduk pada bangku, lalu genggam beban tersebut dan letakkan di atas paha (pastikan telapak tangan menghadap ke atas). Selanjutnya, angkat beban tersebut secara pelahan dan turunkan kembali.

  • Kepalkan Tangan

Cara mudah lainnya adalah dengan rutin mengepalkan tangan. Kepalkan tangan Anda dan buka kembali. Lakukan secara rutin sampai pergelangan tangan terasa sedikit lelah maka hentikan. Alangkah baiknya jika melakukan latihan ini dengan dibantu alat misalnya mengepal bola karet atau sejenisnya untuk menambah beban kepalan agar lebih melatih otot pergelangan.