Cara Membersihkan Kulit Kusam pada Kulit Sensitif

membersihkan-kulit-kusam-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kulit yang kusam merupakan salah satu kondisi yang menunjukkan jika kulit Anda tidak sehat. Sebagai tambahan informasi, kulit yang kusam biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari kurangnya menjaga kebersihan, terlalu sering terpapar sinar matahari hingga mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Kendati demikian, kondisi satu ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Anda dapat mengatasinya dengan sejumlah tips berikut.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Satu hal yang wajib untuk dilakukan untuk menjaga kulit bebas dari kekusaman adalah menjaga kelembapan kulit. Anda dapat mengaplikasikan moisturizer dengan formula bahan yang ringan serta tidak menimbulkan reaksi alergi. Apalagi kondisi kulit yang kering akan dengan mudah memicu sejumlah masalah kulit lainnya.

2. Menggunakan Pembersih yang Tepat

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan memilih pembersih yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit. Terutama kulit sensitif yang tidak boleh sembarangan menggunakan sejumlah formula bahan. Pastikan jika pembersih Anda mengandung eksfolian yang lembut dan zat pemutih. Dua kandungan bahan tersebut akan membuat kulit lebih cerah dan bersih bersinar.

3. Jangan Lupakan Sunscreen

Dilansir dari laman Stylecraze, Anda juga diwajibkan untuk mengaplikasikan sunscreen. Produk satu ini berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat merusak lapisan kulit dan mempercepat proses kematian kulit. Jika dibiarkan, kondisi tersebut akan membuat kulit lebih kusam dan memicu munculnya komedo atau jerawat.

Menjaga kesehatan kulit ternyata dapat dilakukan dengan mudah jika Anda mengetahui sejumlah tipsnya. Kendati demikian, sejumlah tips di atas juga wajib untuk dilakukan setiap Anda akan melakukan atau selesai beraktivitas. Terutama aktivitas yang dilakukan di luar ruangan.