Tips Agar Kamar Mandi Terhindar dari Bau Tak Sedap

membersihkan-kamar-mandi-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Kamar mandi merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah yang berfungsi untuk membersihkan diri. Bahkan, tak sedikit pula yang menjadikan kamar mandi sebagai tempat ternyaman kedua setelah kamar tidur. Namun, hal itu hanya berlaku bagi mereka yang suka berlama-lama di kamar mandi, terutama saat sedang mandi.

Padahal, di dalam kamar mandi terdapat kumpulan sarang kuman dan bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, tak jarang kamar mandi yang memiliki aroma kurang sedap. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan terhindar dari bau yang kurang sedap, terutama bagi Anda yang gemar berdiam lama di dalam kamar mandi.

Berikut adalah beberapa cara agar kamar mandi Anda terhindar dari bau yang tidak sedap.

1. Bersihkan Wadah di Kamar Mandi

Ketika sedang membersihkan kamar mandi, tidak hanya lantai kamar mandi saja yang harus dibersihkan, melainkan wadah air juga harus diperhatikan. Umunya, bagian bawah bak kerap ditumbuhi lumut jika tidak dibersihkan secara rutin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menguras air di dalam bak kamar mandi agar tidak menjadi sarang nyamuk yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

2. Ganti Alat Pembersih

Jangan lupa membersihkan seluruh alat mandi dan pembersih seusai menggunakannya, seperti sikat, spons, jarring, dan lain sebagainya. Jika perlu, gantilah alat-alat itu secara berkala agar terhindar dari kuman yang menempel pada alat tersebut. Jika Anda menyikat lantai dengan sikat yang sudah tercemar oleh kuman, maka lantai kamar mandi akan ikut kotor dan berkuman.

3. Gunakan Sabun atau Pewangi

Ketika sedang membersihkan kamar mandi, sebaiknya gunakan sabun atau karbol saat menyikat lantai dan dinding kamar mandi. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menghilangkan kotoran yang menempel pada lantai dan dinding kamar mandi, serta menjadikan kamar mandi bersih dan terasa lebih wangi.