Macam-Macam Latihan Fitnes untuk Membentuk Punggung

doktersehat-tips-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Tubuh yang sehat, ideal dan berotot menjadi idaman banyak orang. Untuk membentuk tubuh menjadi altetis, banyak cara yang bisa dilakukan seperti latihan fitnes untuk punggung, perut, lengan, dada dan sebagainya. Memiliki tubuh yang proporsional berotot tak hanya baik bagi kesehatan, tapi juga menunjang penampilan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Latihan fitnes untuk membentuk punggung termasuk latihan yang paling sulit dilakukan. Sebab, akan sanga menguras tenaga. Selain itu, letak punggung yang berada di belakang tidak dapat dengan mudah dilihat secara langsung, sehingga sedikit sulit unutk fokus dan melihat perkembangannya dengan mata kepala sendiri.

Untuk membentuk otot punggung diperlukan teknik khusus yang memfokuskan pada beberapa bagian belakang, salah satunya adalah upper back yaitu otot punggung bagian atas.

Untuk melatih otot ini Anda harus memberikan latihan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sebab, upper back terdiri dari dua bagian, yaitu samping dan tengah.  Cara melatihnya bisa dengan menggunakan pull up wide grip, yakni mengangkat tubuh pada posisi kedua tangan memegang handle pull up selebar siku kemudian angkat tubuh sekuat tenaga hingga sebatas dada bagian atas.

Selanjutnya dengan bent over barbell row. Latihan fitnes untuk punggung ini di bantu dengan alat bantu barbel stick. Caranya adalah pegang barbel stik dengan kedua tangan, di mana posisi telapak tangan menghadap ke belakang. Kemudian, condongkan badan hingga membentuk sudut 80 derajat. Lalu angkat barbel stik dengan kekuatan maksimal kemudian turunkan perlahan.

Latihan fitnes untuk punggung selanjutnya adalah reverse grip pull down. gerakan yang benar untuk alat ini adalah pegang stang pull din dengan posisi kedua tangan rapat menghadap ke dalam, posisikan dada kedepan kemudian tarik stang pul down dengan kekuatan penuh dan kembalikan pada posisi semula dengan perlahan.

Latihan fitnes untuk punggung terakhir adalah menggunakan alat pulldown. Pertama-tama, pegang stang pull dengan selabar bahu. Posisikan tubuh sedikit condong ke depan. Kemudian tarik stang pull down menggunakan sendi bahu. Usahakan posisi lengan tetap lurus agar tidak terjadi pembengkokan otot. Setelah itu, lakukan beberapa kali dalam satu repetisi.