Cara Membedakan Gatal Biasa atau Herpes pada Penis

doktersehat gatal herpes

DokterSehat.Com – Masalah penis yang sering dialami oleh pria ada banyak. Yang paling parah dari gangguan penis adalah susahnya pria mempertahankan atau mendapatkan ereksi dengan maksimal. Selanjutnya pria juga bisa mengalami gangguan ejakulasi yang membuat mereka cepat menyelesaikan seks.

Masalah selanjutnya yang sebenarnya sangat berbahaya dan sering diabaikan oleh pria adalah gatal. Penis dan area di sekitarnya bisa mengalami gatal yang cukup mengganggu. Gatal ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari iritasi biasa akibat bakteri atau karena virus herpes yang menular dari aktivitas seks yang tidak sehat.

Kalau Anda sering mengalami gatal pada penis dan tidak tahu disebabkan oleh apa, simak penjelasannya di bawah ini.

Gatal yang disebabkan infeksi biasa

Gatal biasanya yang disebabkan oleh bakteri biasanya menyebabkan gatal saja, tidak ada efek lain pada tubuh yang akan terjadi. Area di sekitar penis akan gatal dan kadang perih kalau keringat yang dihasilkan cukup besar. Oleh karena itu, pria disarankan untuk lebih rutin membersihkan diri dan mengganti celana dalam.

Gatal yang disebabkan oleh bakteri biasanya mudah sembuh dan mudah kembali lagi. Kalau sanitasi pria buruk, rasa gatal akan muncul lagi dengan cepat. Mandi setiap hari, ganti celana dalam sekali sehari harus dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas harian yang cukup padat.

Pria yang rentan mengalami gatal ini adalah mereka yang bekerja sebagai atlet. Tubuh yang sering berkeringat menyebabkan mereka gampang dihinggapi oleh bakteri. Selanjutnya, pria yang bekerja di luar ruangan dan mudah sekali berkeringat juga rentan terkena infeksi ini.

Gatal yang disebabkan oleh herpes

Herpes juga menyebabkan gatal yang cukup kuat di area penis. Namun, ada efek tambahan yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Rasa sakit akan dirasakan pada kulit yang berwarna merah dan muncul semacam bisul kecil-kecil. Kalau disentuh, rasa sakitnya bisa membuat pria tidak tahan.

Rasa sakit juga menyebar di area penis dan tidak hanya beberapa titik saja, tapi juga area. Pria yang sedang memiliki herpes dan virusnya aktif sering merasakan sakit dan demam. Kondisi mirip flu akan muncul dan menyebabkan pria tidak nyaman. Saat herpes kambuh pria juga jadi lemas dan susah melakukan aktivitas hariannya.

Herpes ditularkan dari aktivitas seks yang tidak sehat baik anal, oral, atau vaginal. Virus yang masuk ke dalam tubuh bisa dorman selama beberapa saat. Kalau tubuh pria sedang alami penurunan imunitas, virus bisa aktif dan menyebabkan masalah. Sekali terkena herpes, pria tidak akan bisa sembuh. Menjaga kondisi tubuh adalah hal yang bisa dilakukan.

Cara mencegah dan mengatasi gatal

Karena penyebabnya berbeda-beda, tentu cara pencegahan dan mengatasinya juga berbeda-beda. Namun, secara umum pria bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Menjaga sanitasi area penis dengan baik. Sanitasi ini meliputi mandi dua kali sehari atau lebih saat tubuh berkeringat.
  • Menggunakan celana dalam dengan bahan lembut dan menggantinya setiap hari. Setelah seks, celana dalam juga wajib diganti.
  • Tidak saling bertukar pakaian atau handuk dengan orang lain.
  • Tidak mengenakan celana luar yang ketat. Kalau hal ini dilakukan pria akan berkeringat cukup kuat.
  • Tidak berhubungan seks dengan sembarangan dan memastikan pasangan selalu sehat.
  • Rutin memeriksakan diri ke dokter kalau rasa gatal terlihat aneh dan tidak normal.

Inilah beberapa cara membedakan rasa gatal pada penis yang disebabkan oleh herpes atau infeksi bakteri biasa. Semoga bisa membantu Anda agar lebih menjaga kesehatan dan sanitasi dari penis.