DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menemukan kutu rambut pada rambut Si Kecil ? Kutu rambut adalah salah satu gangguan yang sering dialami oleh anak-anak.

rambut_merah_doktersehat

Salah satu tanda ada kutu pada rambut, anak sering menggaruk kepala dan ada  bekas merah akibat gigitan kutu di leher, tengkuk dan belakang telinga.

Banyak yang beranggapan, karena anak tak bisa menjaga kebersihan rambut dengan baik maka muncul kutu. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, kutu rambut bisa dialami siapa saja termasuk yang memiliki rambut dan kulit kepala yang bersih.

Kutu rambut hidup sebagai parasit pada kepala dan rambut manusia. Kutu rambut dewasa memiliki ukuran tubuh sebesar butiran beras dan berwarna abu-abu pucat.

Perut kutu biasanya berwarna merah karena mengisap darah dari kepala inangnya. Telur kutu menetas sekitar 8-9 hari. Untuk mencapai ukuran dewasa, kutu butuh waktu 9-12 hari hingga akhirnya hidup sebagai kutu dewasa selama 4 minggu.

Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui kontak langsung, yaitu ketika rambut seseorang bersentuhan langsung dengan rambut penderita kutu rambut sehingga kutu dapat berpindah tempat.

Selain itu kutu rambut juga dapat pindah dengan perantara seperti sisir, helm, atau topi. Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain dan penularannya lebih sering terjadi karena kontak fisik anak dengan teman-temannya.

Untuk mengatasi kutu rambut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Gunakan obat anti kutu
Obat anti kutu merupakan salah satu cara ampuh untuk membunuh kutu yang masih hidup. Caranya, oleskan obat tersebut secara merata, diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Ulangi setiap beberapa hari sesuai petunjuk pemakaian.

2. Sisir rambut dengan sisir kutu
Di Indonesia, sisir khusus kutu rambut ini dikenal dengan nama serit. Sisir bergigi rapat ini dapat membantu Anda menyisir kutu rambut baik yang masih berwujud telur maupun kutu dewasa. Agar lebih mudah menemukan kutu rambut, gunakan sisir ini saat rambut basah setelah keramas. Lakukan sehari 3-5 kali jika merasa infeksi kutu rambut sudah sangat parah.

3. Minyak esensial untuk rambut
Beberapa minyak dengan aroma kuat seperti peppermint, rosemary, lavender terbukti tidak disukai kutu. Mereka juga membenci tekstur kepala berminyak karena menyulitkan pergerakan mereka. Sebelum tidur, oleskan minyak esensial secara menyeluruh ke permukaan kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap agar tidak mengotori bantal. Esoknya, keramas dan bilas dengan bersih lalu sisir rambut dengn sisir serit.

4. Perawatan di salon
Jika perawatan di rumah tidak berhasil, Anda bisa membawa si kecil ke salon yang memiliki perawatan kutu rambut. Umumnya rambut anak akan dicuci dan dipotong untuk membatasi gerak kutu, setekah itu rambut anak akan diolesi cairan khusus anti kutu.

Nah, yuk segera usir kutu dari rambut Si Kecil!