DokterSehat.Com– Menurunkan berat badan bukan hanya semata-mata dilakukan dengan cara diet saja, melainkan juga dengan olahraga secara rutin. Hal ini dikarenakan olahraga berfungsi untuk membentuk tubuh menjadi ideal. Jika hanya dilakukan dengan diet ketat saja, kemungkinan besar berat badan Anda berkurang karena otot tubuh Anda terkikis. Padahal, otot-otot tubuh sangat diperlukan untuk membantu membakar lemak dan kalori.

doktersehat wanita hobi olahraga

Oleh sebab itu, diperlukan cara bagaimana supaya Anda bisa membakar lemak sekaligus membentuk otot tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips membakar lemak sekaligus membentuk otot yang bisa Anda ikuti.

1. Latihan Kekuatan

Jika selama ini Anda hanya fokus pada latihan kardio, cobalah untuk menggantinya dengan latihan kekuatan, misalnya angkat beban. Latihan ini ampuh untuk membentuk otot-otot tubuh Anda menjadi lebih besar dan kuat. Selain angkat beban, And ajuga bisa mencoba melakukan work out seperti push up, pull up, dan squat.

2. Mengurangi Asupan Kalori

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi tidaklah baik untuk tubuh, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan serta membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Cara mengurangi asupan kalori adalah dengan makan lebih sedikit kalori dan lebih sering berolahraga. Hal ini dipercaya mampu membantu tubuh mempercepat metabolisme untuk menghilangkan lemak sambil memperlambat proses pemecahan protein, sehingga berdampak pada kemampuan tubuh untuk membentuk otot secara efektif.

3. Mengganti Jenis Latihan

Berolahraga dengan jenis latihan yang sama setiap hari dapat membuat tubuh menjadi terbiasa. Hal tersebut dapat membuat tubuh tidak merasa tertantang dengan jenis olahraga yang terasa mudah dilakukan. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu mengganti jenis latihan setiap harinya, misalnya meningkatkan kecepatan gerakan, mengimbanginya dengan latihan beban, atau melakukan latihan gabungan dengan jenis olahraga lainnya.