Cara Memanjangkan Bulu Mata secara Alami

memanjangkan-bulu-mata-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Wanita mana sih yang tidak ingin memiliki bulu mata yang panjang dan lentik? Tapi tidak semua orang beruntung mendapatkan bulu mata yang indah. Untungnya, ada beberapa cara memanjangkan bulu mata dengan alami yang bisa Anda coba setiap hari di rumah bahkan anda bisa membuat ramuannya sendiri.

Cara Memanjangkan Bulu Mata di Rumah

Bagaimana caranya? yuk ladies, simak penjelasan cara menebalkan bulu mata berikut ini.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami untuk menebalkan rambut Anda, termasuk bulu mata. Minyak zaitun kaya vitamin E dan asam oleat yang akan menutrisi dan menambahkan volume pada bulu mata Anda.

Celupkan aplikator maskara yang tidak terpakai dan sudah dibersihkan dalam minyak zaitun hangat. Sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ini pada bulu mata seperti saat Anda menggunakan maskara. Diamkan selama semalam kemudian bilas dengan air hangat pada pagi hari. Ulangi setiap hari selama beberapa bulan sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Minyak esensial lavender

Cara memanjangkan belu mata berikutnya bisa menggunakan minyak esensial lavender. Minyak esensial lavender membantu menyingkirkan radikal bebas berbahaya dan telah terbukti membantu meningkatkan pertumbuhan rambut secara signifikan. Satu studi menemukan bahwa pada 86 pasien yang menggunakan lavender untuk mengobati kerontokan rambut, lebih dari 44% melihat pertumbuhan rambut yang signifikan. Sementara minyak kelapa adalah minyak pembawa yang sempurna untuk mencampurkannya dengan minyak karena itu menyejukkan dan kaya nutrisi, ditambah  sebagai antibakteri dan antimikrobirial.

Cara membuat dan menggunakanya: Campurkan minyak kelapa dan lavender dan gunakan jari Anda atau kapas untuk mengaplikasikannya pada sepanjang akar bulu mata hingga ke ujung bulu mata.

3. Minyak jarak

Baik itu minyak jarak atau minyak zaitun, minyak pembawa mengandung asam lemak yang membantu memanjangkan bulu mata dan lebih tebal. Minyak ini juga menyehatkan folikel rambut. Penambahan minyak esensial akan membuat obat ini lebih manjur karena minyak ini mengandung banyak antioksidan untuk mengembalikan dan menjaga pertumbuhan bulu mata yang sehat. Mereka juga meningkatkan sirkulasi.

Campurkan minyak jarak dan minyak esensial lavender dan oleskan pada bulu mata dengan hati-hati. Cuci pada pagi hari setelah dibiarkan semalam. Selain minyak jarak, Anda dapat menggunakan minyak pembawa lainnya dengan cara yang sama. Silakan pilih dari minyak zaitun, minyak almond, minyak argan, minyak kelapa, dan minyak jojoba.

Lakukan cara memanjangkan bulu mata ini setiap malam secara religius, dan Anda akan memiliki bulu mata yang panjang dan tebal hanya dalam beberapa hari.

4. Kulit lemon

Kita sudah tahu bagaimana minyak zaitun dan minyak jarak membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Sementara Kulit lemon berfungsi sebagai agen pemacu pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A dan C.

Potonglah kulit lemon menjadi potongan kecil dan rendam dalam minyak zaitun atau minyak jarak selama 2-3 hari. Oleskan minyak ini pada bulu mata sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap malam untuk bulu mata yang lebih panjang dan tebal.

5. Teh hijau

Banyaknya antioksidan yang terkandung dalam green tea atau teh hijau membantu membantu memanjangkan bulu mata yang sehat, lebih tebal, dan lebih kuat.

Cara membuatnya: Seduh teh hijau dengan air panas dan biarkan meresap selama beberapa menit. Setelah teh hijau mendingin, aplikasikan ke bulu mata. Sebaiknya biarkan semalaman. Simpan sisa teh hijau dalam wadah kedap udara di kulkas. Anda dapat menggunakan rebusan yang sama selama 3-4 hari. Lakukan cara ini sekali setiap hari.

6. Vitamin E

Kandungan antioksidan dari minyak vitamin E meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Aplikasi minyak ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Keluarkan cairan viamin E dari kapsul dan oleskan minyak pada bulu mata. Biarkan selama 3-4 jam atau semalam. Lakukan cara ini sekali setiap hari.

7. Menyisir bulu mata

Menyisir bulu mata juga dapat membantunya tumbuh. Cara melebatkan bulu mata ini membantu membersihkan debu dan partikel kotoran untuk mencegah tersumbatnya pori-pori. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan sirkulasi dara sehingga lebih banyak nutrisi dapat mencapai folikel rambut.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak vitamin E atau petroleum jelly pada sisir atau sikat bulu mata yang lembut. Kemudian sisirkan langsung pada bulu mata dengan gerakan ke atas. Mulai dari ujung akar bulu mata dan perlahan sisir ke arah atas. Lakukan teknik ini selama 5 menit, dua kali sehari.

8. Memijat kelopak mata

Memijat kelopak mata merupakan salah satu cara menebalkan bulu mata. Metode ini akan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut sehingga lebih banyak nutrisi akan mencapai folikel. Hal ini menstimulasi pertumbuhan dan mencegah penipisan bulu mata.

Caranya, teteskan sedikit minyak zaitun, petroelum jelly atau shea butter pada bulu mata. Kemudian pijat di sepanjang kelopak mata dan garis bulu mata dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Lakukan pijatan ini selama 5 samapai 7 menit setiap hari selama beberapa bulan. Tapi ingat, selalu cuci tangan Anda hingga benar-benar bersih sebelum memulai pijatan ini.

Tips Memanjangkan Bulu Mata

1. Hapus riasan mata

Makeup atau riasan wajah dapat menyumbat kulit di sekitar mata yang sudah sangat tipis dan maskara berat pada bulu mata. Menghapusnya di malam hari memberi istirahat pada bulu mata. Bersihkan riasan mata secara lembut. Jika bulu mata kasar karena penggunaan maskara, bulu mata bisa menjadi jarang dan tidak dapat tumbuh kembali sehat. Bulu mata membutuhkan waktu lebih lama untuk tumbuh kembali daripada rambut di kulit kepala.

2. Pangkas bulu mata

Cara melentikkan bulu mata ini sangat membantu! Anda bisa memangkas bulu mata sekali setiap dua sampai tiga bulan. Potong sebagian kecil dari bulu mata. Memangkas bulu mata akan menstimulasi folikel bulu mata dan membuatnya tumbuh lebih cepat.
Perhatian: Jangan coba memangkas bulu mata tanpa pengawasan spesialis.

3. Diet

Anda harus menjalani diet seimbang untuk mendukung pertumbuhan bulu mata yang sehat dari dalam tubuh. Cukup banyak protein dan lemak sehat diperlukan untuk pertumbuhan bulu mata yang sehat. Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan bulu mata di antaranya:

  • Buah-buahan seperti apel, jambu biji, cranberry, buah jeruk, stroberi, dan blueberry
  • Sayuran berdaun hijau, collard hijau, kacang polong, kembang kol, brokoli, tomat, kale, dan kubis brussel
  • Sumber protein seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, unggas, keju, dan susu
  • Lemak sehat yang ditemukan dalam almond, biji bunga matahari, minyak zaitun, dan alpukat.

4. Makan sehat dan olahraga

Jangan membuat diri Anda kelaparan untuk menjadi kurus! Makan sehat dan berlatih olahraga teratur, baik di gym atau jalan cepat sederhana.

5. Gunakan sikat bulu mata sederhana

Menggunakan tongkat maskara atau sikat maskara sederhana, sikat bulu mata Anda setiap hari (sebaiknya dua kali sehari). Ini mendistribusikan minyak alami secara merata dan juga meningkatkan sirkulasi.

Cara memanjangkan bulu mata terbaik dan teraman adalah dengan makan sehat dan manjalani perawatan alami yang akan meningkatkan pertumbuhan dan menjaga bulu mata tetap sehat.