Benarkah Memanaskan Bayam Kembali Berbahaya?

manfaat-bayam-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar mitos yang dipercaya oleh masyarakat, yakni memanaskan sayur bayam kembali bisa membuatnya menjadi makanan yang beracun sehingga membahayakan kesehatan. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan fakta medis?

Penjelasan dari mitos ini biasanya terkait dengan adanya kandungan nitrat di dalam sayur bayam. Jika sampai dipanaskan hingga dua kali, maka nitrat akan bisa berubah menjadi zat beracun yang bisa menyebabkan kanker. Hanya saja, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, dihasilkan fakta bahwa para partisipan yang mengonsumsi sayuran kaya nitrat ternyata tidak mengalami efek kesehatan ini.

Nitrat termasuk dalam senyawa yang cukup stabil dan tidak berubah meski kita panaskan. Hal ini berarti, jika kita menghangatkan kembali sayur bayam, kita masih tetap bisa mengonsumsinya dengan tenang. Hanya saja, proses pemanasan kembali ini juga bisa memberikan kerugian tersendiri, tepatnya dalam hal menurunnya kandungan vitamin di dalamnya.

Mitos lain tentang sayur bayam yang dipercaya oleh masyarakat adalah sayuran ini memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga jika sering dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit asam urat. Menurut pakar kesehatan, mitos ini juga tidak sesuai dengan fakta medis. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam The New England Journal of Medicine pada 2004 silam, dihasilkan fakta bahwa sayuran yang kaya purin seperti bayam ternyata tidak akan memberikan efek yang signifikan pada risiko asam urat. Hal ini berarti, kita tetap bisa mengonsumsi bayam tanpa perlu khawatir akan terkena penyakit ini.

Terdapat mitos lain yang terkait dengan sayur bayam yang ternyata juga tidak sesuai dengan fakta medis, yakni makan sayur bayam bersamaan dengan tempe bisa berbahaya bagi kesehatan. Dalam mitos ini, disebutkan bahwa tempe yang tinggi kalsium jika dikombinasikan dengan bayam yang kaya akan senyawa oksalat bisa memicu endapan kalsium oksalat di saluran pencernaan. Meskipun memang endapan ini akan terbentuk, pakar kesehatan menyebutkan bahwa endapan ini akan ikut keluar bersama dengan kotoran saat kita buang air besar. Hal ini berarti, tidak aka nada pengendapan kalsium oksalat yang berbahaya.

Tak perlu ragu untuk makan sayur bayam secara rutin. Banyak manfaatnya bagi kondisi kesehatan kita kok.