Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meski rutin menggunakan pelembap pada wajah, tidak jarang wajah tetap kering, mengelupas, bahkan bersisik. Lalu, apa yang salah dengan pemakaian pelembap wajah Anda? Kami memiliki tips agar pemakaian pelembap wajah Anda memberikan hasil yang maksimal.

Photo Credit: Flickr.com/ Karolina Mis

Menurut Live About  pelembap wajah merupakan satu dari beberapa elemen perawatan wajah yang umum dimiliki oleh para wanita, selain pembersih wajah, eksfoliator dan pelindung wajah dari sinar UV atau sunscreen. Namun, pemakaian pelembap yang tidak tepat bisa membuat hasil perawatan menjadi tidak maksimal. Berikut tips pemakaian pelembap agar kulit Anda senantiasa lembap dan sehat seperti yang dilansir dari Live About.

1. Perhatikan waktu pemakaian

Waktu terbaik pemakaian pelembap, baik pada wajah atau tubuh adalah tidak lebih dari 3 menit setelah wajah dan tubuh dibersihkan dan dikeringkan. Karena waktu tersebut merupakan waktu terbaik bagi pelembap untuk membantu menjaga kelembapan alami kulit sebelum akhirnya hilang. Untuk membersihkan wajah, selain tentu saja pembersih wajah, Anda bisa menggunakan toner. Jangan langsung menggunakan pelembap saat wajah dalam keadaan kering.

2. Perhatikan berapa banyak Anda menggunakan pelembap

Jika Anda pikir semakin banyak pelembap yang digunakan, akan semakin bagus untuk kulit, baik kulit wajah atau kulit tubuh, maka Anda salah. Penggunaan pelembap secara berlebihan, justru bisa membuat kulit kesulitan untuk menyerapnya. Selain itu, kulit juga akan tampak berminyak. Jadi, pakai pelembap wajah secukupnya saja agar penyerapannya dapat maksimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Jangan juga menggosok pelembap terlalu keras, karena ini bisa menyakiti kulit wajah Anda. Usapkan dengan lembut dengan cara dioleh atau ditepuk-tepuk saja. Pastikan saat mengoleskannya, jari Anda dalam keadaan bersih. Biarkan sesaat sebelum mulai menggunakan rangkaian perawatan wajah lainnya.

3. Pilih pelembap sesuai jenis kulit

Pelembap yang mahal, tidak menjamin cocok dengan jenis kulit Anda. Dalam hal memilih pelembap dan perawatan tubuh, jangan jadikan mahal sebagai patokan. Jika kulit Anda berminyak, menurut Live About, pilih pelembap dalam bentuk gel, jangan krim. Sementara untuk Anda yang berkulit kering, lebih baik pilih pelembap dalam bentuk krim atau lotion.

Memaksimalkan pemakaian pelembap wajah diperlukan agar upaya Anda merawat wajah, dapat memberikan efek dan dampak atau hasil yang baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi