DokterSehat.Com– Di musim hujan seperti ini, banyak orang yang memilih untuk memakai masker saat pergi ke tempat umum karena khawatir akan tertular flu. Sebenarnya, apakah memang penggunaan masker ini cukup efektif untuk mencegah datangnya penyakit tersebut?

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

Pakar kesehatan yang berasal dari University of Maryland, Amerika Serikat, menyebut virus flu ternyata memang bisa menyebar lewat udara yang kita hirup, khususnya jika kita berada di tempat dimana ada orang lain yang batuk atau bersin di sekitar kita. Sementara itu, dr. Sherif Mossad, MD, yang berasal dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa penggunaan masker yang kerap dipakai di rumah sakit dan berwarna kehijauan memang bisa membantu kita mencegah flu dengan lebih baik.

Masker ternyata memiliki fungsi ganda, yakni mencegah datangnya flu pada orang yang sehat, serta mencegah orang yang sudah terkena flu menularkannya pada orang lain. Dengan adanya masker, maka udara akan tersaring sehingga virus flu tidak akan mudah menyebar kemana-mana, apalagi jika penderita flu bersin-bersin atau batuk.

Pakar kesehatan sendiri lebih menyarankan penggunaan masker sekali pakai daripada masker yang bisa dicuci dan dipakai kembali. Dengan memakai masker sekali pakai, maka kita bisa segera membuang masker tersebut dan berbagai virus yang menempel akan terbuang. Hal yang berbeda terjadi jika kita mencuci masker yang bisa saja membuat virus menempel pada pakaian lain yang dicampur pada cucian. Selain itu, kita harus segera membuang masker yang sudah basah karena bisa kemampuannya dalam menyaring udara sudah menurun dengan signifikan.

Tak hanya dengan memakai masker, ada baiknya kita juga mengkonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tidak mudah jatuh sakit di musim hujan seperti sekarang ini.