Memahami Kondisi PCOS yang Menjadi Pemicu Infertilitas Wanita

pcos-pada-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com – Sindrom PCOS adalah salah satu gangguan seks yang sering dialami oleh wanita. Kalau wanita mengalami sindrom ini, kemungkinan mendapatkan kehamilan akan rendah. Selain itu, ada tanda lain yang sering muncul pada wanita seperti ada kumis dan banyak jerawat muncul di wajah yang susah disembuhkan.

PCOS dan Berbagai Mitos di Sekelilingnya

Selain tanda-tanda yang mudah dikenali. Wanita jarang sekali memahami kondisi PCOS. Bahkan, mereka sering mempercayai mitos yang sebenarnya salah kaprah. Nah, agar kita semua tidak sering keliru dengan kondisi PCOS, simak beberapa fakta tentang PCOS di bawah ini dengan saksama.

Kesalahan terbesar dari wanita dan beberapa pasangan yang mungkin mengalami PCOS adalah mereka tidak mau melakukan Riset. Dampaknya mereka jadi salah mengartikan dan langsung pasrah begitu saja. Padahal ada banyak hal tentang PCOS yang harus dipahami dengan baik.

Kalau Anda merasa tidak tahu-menahu seputar PCOS, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Lakukan konsultasi terkait dengan kemungkinan hamil dan apa yang harus dilakukan untuk mendapatkannya.

Berbagai Fakta Tentang PCOS

Salah satu cara untuk mengatasi masalah PCOS yang mungkin sedang terjadi pada tubuh adalah mencari fakta tentang hal itu. Berikut beberapa jenis fakta tentang PCOS yang harus Anda perhatikan.

  1. Wanita dengan PCOS Masih Berkesempatan Hamil

Wanita dengan PCOS selalu divonis susah hamil atau malah tidak bisa hamil sama sekali. Vonis ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Wanita dengan kondisi PCOS masih bisa mengalami hamil meski kemungkinannya kecil. Beberapa wanita dengan kondisi PCOS masih bisa hamil dan mendapatkan keturunan.

Wanita yang mengidap PCOS biasanya harus meningkatkan kesuburannya kalau ingin hamil. Dengan mengubah gaya hidup mulai dari apa yang dimakan dan berolahraga, kemungkinan terjadi kehamilan akan tetap tinggi. Jadi, wanita dengan kondisi PCOS tidak perlu berkecil hati dengan kondisi yang dialaminya.

Mendapatkan kehamilan dengan kondisi PCOS memang sulit, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Oleh karena itu pasangan harus saling mendukung agar bisa segera mendapatkan penanganan dan memulai program hamil. Lakukan apa yang masih bisa dilakukan kalau masih ada kesempatan.

  1. PCOS Berhubungan dengan Kista di Ovarium

Kista ovarium dan PCOS memang sama-sama membuat ovarium mengalami gangguan. Namun, dua penyakit ini sebenarnya berbeda satu dengan lain. Kista ovarium disebabkan oleh adanya endometriosis yang menyebar hingga ke ovarium. Selanjutnya, PCOS adalah gangguan di ovarium akibat tingginya testosteron di dalam tubuh.

Jadi, mitos kalau orang dengan kondisi PCOS selalu memiliki kista di ovarium adalah salah besar. Kalau terjadi kista, cara untuk mengatasinya adalah dengan jalur operasi. Sementara itu untuk PCOS biasanya dengan terapi obat atau hormon dengan risiko pada tubuh tidak terlalu besar.

Kalau seseorang memiliki kista di ovarium dan kondisinya cukup parah, kemungkinan besar sel telur tidak akan bisa dihasilkan saat proses ovulasi. Bahkan, kalau kondisinya sudah sangat parah, ovarium harus diangkat dari rahim agar wanita bisa bertahan hidup.

  1. PCOS tidak Selalu Berhubungan dengan Tubuh yang Obesitas

Salah satu kesalahan yang cukup fatal yang sering diyakini oleh wanita terkait dengan PCOS adalah obesitas. Wanita dengan kondisi obesitas atau susah sekali mengendalikan berat badannya berisiko alami PCOS. Padahal kondisi PCOS tidak berhubungan dengan obesitas yang terjadi pada wanita.

Banyak wanita dengan kondisi PCOS ini justru tidak memiliki tubuh yang tambun. Tubuh wanita justru biasa saja meski kondisi PCOS terjadi. Meski tidak ada hubungannya dengan PCOS. Wanita dengan kondisi obesitas bisa saja susah mendapatkan kehamilan karena kandungan lemak yang terlalu tinggi.

Meski demikian, kalau Anda sedang mencoba mendapatkan kehamilan, menjaga berat badan adalah sesuatu yang penting. Kalau berat badan bisa dijaga dengan baik, kemungkinan besar masalah pembuahan tidak akan terganggu. Oleh karena itu lakukan olahraga yang rutin setiap hari dan atur pola makan.

  1. Kondisi PCOS tidak Bisa Diatasi dengan Kontrasepsi Hormonal

Banyak wanita meyakini kalau kondisi PCOS bisa diatasi dengan pil KB. Dengan menggunakan pil KB menstruasi mungkin akan berjalan rutin, tapi kehamilan tetap susah terjadi. Selain itu, pil KB juga tidak bisa menekan kadar testosteron di dalam tubuh wanita yang sebenarnya menjadi penyebab utama.

Cara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh adalah menekan testosteron di dalam tubuh dengan baik. Kalau kadar testosteron menurun, kemungkinan estrogen bekerja dengan baik akan tinggi. Dampaknya, sel telur bisa dihasilkan dengan mudah.

Daripada Anda salah jalan dan melakukan hal-hal yang tidak benar, lebih baik lakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Minta petunjuk apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesuburan.

  1. Menstruasi yang Terganggu Bukan Selalu Tanda PCOS

Wanita yang mengalami PCOS biasanya mengalami gangguan menstruasi selama bertahun-tahun. Nah, gangguan menstruasi yang dialami oleh wanita sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan PCOS. Kondisi kesehatan yang menurun atau terlalu capai juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada tubuh adalah dengan pemeriksaan. Dengan menemui dokter, gangguan yang terjadi bisa dijelaskan dengan lebih akurat.

Demikianlah lima fakta tentang PCOS yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Semoga bisa Anda gunakan sebagai referensi.

 

 

Sumber:

  1. Watson, Stephanie. 2018. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS): Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/polycystic-ovary-disease. (Diakses 1 Oktober 2019).
  2. Mayo Clinic. Polycystic ovary syndrome (PCOS). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pcos/symptoms-causes/syc-20353439. (Diakses 1 Oktober 2019).
  3. Smith, Lori. 2018. What is polycystic ovary syndrome?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265309.php. (Diakses 1 Oktober 2019).
  4. Web MD. What Is PCOS?. https://www.webmd.com/women/what-is-pcos. (Diakses 1 Oktober 2019).