5 Cara Melunturkan Lemak di Perut Pria dan Wanita Secara Mudah

menurunkan-lemak-di-perut-doktersehat

DokterSehat.Com – Semua orang barangkali mudah menurunkan berat badannya. Dengan diet tertentu dan pembatasan bahan makan tertentu, tubuh bisa kecil dengan sendirinya. Namun, area perut cukup sulit diatasi bahkan setelah tubuh mendekati berat ideal. Nah, kalau sudah seperti ini apa yang harus pria dan wanita lakukan agar perutnya ikut mengecil?

Sebenarnya diet saja tidak akan membuat perut kecil dengan sendirinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan lagi oleh pria dan wanita. Misal mengganti jenis diet, melajukan olahraga rutin, atau melakukan beberapa hal di bawah ini. Dengan melakukan hal di bawah ini secara rutin, lemak di area perut akan luntur dengan sendirinya.

  1. Mencukupi asupan air setiap harinya

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, memang apa hubungannya air dengan pembakaran lemak di dalam tubuh. Sebenarnya peran dari air putih sangat besar. Dengan mengonsumsi air putih setiap hari sebanyak 8 gelas atau 2 liter per hari akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, tubuh yang terhidrasi juga mudah sekali mengalami metabolisme.

Kalau metabolisme di dalam tubuh terjadi dengan maksimal, peluang terjadi pembakaran lemak akan tinggi. Lebih lanjut, minum air dahulu sebanyak satu gelas setiap akan makan akan menurunkan keinginan makan terlalu berlebihan. Bahkan Anda yang lapar secara emosional akan terhindar dari kelebihan kalori.

  1. Membatasi makanan manis dan karbohidrat sederhana

Kita sering kecolongan saat diet karena sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis atau makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti nasi. Dua makanan ini adalah penyebab utama lemak di area perut susah sekali luruh. Oleh karena itu batasi atau hentikan dahulu selama beberapa minggu atau bulan.

Beberapa orang melakukan diet dengan pendekatan ketogenic. Diet ini cocok untuk menurunkan lemak di area perut yang kerap membandel. Sejalan dengan diet ini ada yang namanya intermittent fasting. Cara makan ini dilakukan dengan menunda sarapan dan makan pada jendela waktu tertentu.

  1. Memperbanyak makan serat

Gagalnya diet yang sering dialami oleh banyak orang adalah susahnya merasakan kenyang. Perut yang mudah lapar akan membuat Anda mudah memasukkan kalori ke dalam tubuh dan akhirnya mengalami surplus. Selain itu, tubuh yang mudah sekal lapar juga memicu kondisi lapar emosional yang memicu rasa ingin makan lebih tinggi.

Perbanyak makanan dengan kandungan serat dan berasal dari buah dan sayuran. Makanan ini akan mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Anda juga akan mudah sekali merasakan kenyang sehingga rasa lapar berlebihan bisa segera dihindari.

  1. Mengonsumsi teh hijau

Lemak yang ada di area perut membutuhkan pemicu agar bisa luruh dengan cepat. Nah, salah satu pemicu yang paling mudah didapatkan adalah teh hijau. Dengan mengonsumsi teh sebanyak 2-3 cangkir kecil tanpa gula setiap harinya, kemungkinan terjadi penambahan lemak akan tinggi.

Oh ya, meski bisa membantu penurunan lemak di dalam tubuh, ada baiknya untuk tidak minum teh saat perut kosong. Kandungan kafeina akan membuat perut sakit. Selanjutnya kafeina juga memicu kondisi buang air kecil terlalu banyak.

  1. Menjaga tubuh agar tidak surplus kalori

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh mereka yang melakukan diet adalah tidak tahu takaran makannya. Padahal terlihat sedikit belum tentu kalorinya juga sedikit, kita ambil contoh minyak atau makanan yang mengandung lemak. Oleh karena itu melakukan penakaran dengan akurat sangat dianjurkan.

Dengan melakukan penakaran ini tubuh akan mendapatkan kalori yang jumlahnya sesuai. Kalau Anda masih berusaha melakukan penurunan berat badan, jaga kalori harian agar tidak lebih besar dari kebutuhan harian. Biasanya untuk defisit kalori hanya diperlukan 10-15% dari total kalori harian agak hasilnya maksimal, perlahan-lahan, dan tidak menimbulkan efek samping.

Inilah lima cara untuk menurunkan lemak di area perut yang sangat membandel. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.