Terbit: 10 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu serangga yang sangat mengganggu adalah nyamuk. Yang menjadi masalah adalah, serangga penghisap darah yang sangat berisik ini juga membawa bibit penyakit. Sebagai contoh, nyamuk Aedes Aegypti sudah dikenal luas sebagai penyebab demam berdarah, salah satu penyakit yang kerap muncul di musim hujan dan sangat mematikan. Penyakit lain seperti malaria atau bahkan virus zika yang sempat menghebohkan dunia tahun 2016 lalu juga disebabkan oleh nyamuk.

Meletakkan Benda Ini di Kamar Bisa Mengundang Nyamuk

Untuk mencegah datangnya nyamuk, kita bisa menggunakan obat nyamuk, baik itu yang berjenis obat nyamuk bakar, semprot, elektrik, atau bahkan yang berbentuk lotion. Pemerintah juga biasanya mengadakan program pengasapan atau fogging yang diharapkan bisa membasmi nyamuk di perumahan warga. Hanya saja, kadangkala berbagai upaya tersebut masih tidak cukup untuk mencegah datangnya nyamuk ke rumah kita.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang ternyata bisa membuat nyamuk tertarik untuk datang ke kamar tidur kita. Salah satunya adalah tumpukan baju yang menggunung dan tidak ditata. Selain itu, kebiasaan menggantung baju dalam jumlah yang banyak juga bisa menyebabkan hal yang sama. Nyamuk ternyata sangat suka dengan baju yang digantung dan bahkan menjadikannya tempat untuk bersarang, apalagi jika baju tersebut sudah pernah kita pakai sebelumnya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga kerapian kamar dan tidak membiarkan gantungan baju menumpuk terlalu banyak. Selain itu, ada baiknya kita tidak membiarkan benda-benda berwarna gelap seperti baju atau tas bergeletakan di kamar karena ternyata warna ini sangat disukai oleh nyamuk.

Dengan melakukan hal ini, maka kita tidak akan lagi digigit oleh nyamuk yang sangat mengganggu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi