Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kanker Kulit atau yang juga dikenal dengan melanoma merupakan salah satu penyakit yang wajib untuk diwaspadai. Apalagi penyebab kanker kulit sendiri dapat berasal dari paparan sinar UV atau pun bahan kimia yang terlalu intens. Bicara soal melanoma, penyakit ini memang masih belum menjadi momok yang begitu berarti di masyarakat Indonesia. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk mencegah dan melawan kanker kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut.

Melawan Kanker Kulit dengan Bahan-bahan Alami

1. Ekstrak Terong

Baru-baru ini dunia medis dikejutkan dengan penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti asal Inggris mengenai kanker kulit. Siapa yang akan menyangka ternyata Ekstrak dari terong dapat dijadikan obat alami untuk melawan kanker kulit. Dilansir dari laman Dr. Axe, hal ini lantaran adanya kandungan solasodine glycosides yang dapat melawan masalah keratosis pada kanker kulit.

2. Minyak Frankincense dan Myrrh

kombinasi dari kedua minyak esensial ini ternyata sangat ampuh dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Minyak Myrrh misalnya yang dapat mencegah kematian sel dan pertumbuhan sel kanker sehingga kulit akan terjaga kesehatannya. Sedangkan minyak Frankincense sendiri dapat digunakan untuk mengurangi sensasi rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan.

3. Kunyit

Bahan lainnya yang dapat Anda gunakan untuk melawan kanker kulit adalah kunyit. Kunyit mengandung bahan antiseptik yang mencegah berkembangnya sel kanker. Selain itu, kandungan zat anti peradangan pada kunyit juga menekan perkembangan sel kanker pada kulit. Lebih lanjut, kunyit juga dapat meningkatkan imunitas sel kulit.

Kendati Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, pastikan untuk mengonsultasikan penyakit satu ini dengan dokter. Apalagi setiap orang memiliki kondisi kulit dan karakteristik sel kanker yang berbeda pula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi