3 Teknik Menguatkan Otot Bokong Agar tak Mudah Pegal

mengecilkan-bokong-doktersehat

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda merasakan pegal pada otot karena terlalu sering duduk? Baik duduk ketika bekerja di kantor, maupun duduk saat melakukan perjalanan jauh. Jika pernah, itu tandanya otot pada bokong Anda tidak memiliki kekuatan yang cukup. Sebab, dari kebanyakan kasus terjadi, sakit bokong memang cukup mengganggu yang akan membuat kita menjadi tak nyaman ketika ingin duduk.

Perlu diketahui, bokong tidak dibentuk dari satu otot saja, melainkan dari banyak jaringan serta otot yang saling terhubung. Maka dari itu, sangat besar kemungkinan akan terjadi pegal ketika terlalu lama mendapat tekanan (duduk). Oleh karenanya, kita harus rutin melatihnya agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk menguatkan otot bokong? Simak informasinya berikut ini:

1. Back Squat

Squat merupakan salah satu teknik dalam fitnes yang sudah sangat familiar dan sering dilakukan. Namun, ternyata squat pun ada variasinya, yakni back squat. Variasi dari squat ini memiliki fungsi penting dalam menguatkan otot bokong. Sebab, dalam melakukannya, kita benar-benar mengandalkan otot bokong. Dengan rutin melakukannya setiap hari selama 15 menit, maka otot bokong akan menjadi lebih tangguh dan tak mudah pegal.

2. Donkey Kick

Mungkin Anda cukup asing dengan teknik yang satu ini. Tapi, praktiknya sangat mudah. Pertama, Anda harus berada pada posisi layaknya akan melakukan plank. Hanya saja, Anda harus mengangkat satu kaki dan tekuk ke atas hingga 90 derajat (jika mampu). Tahan beberapa detik lalu turunkan. Selanjutnya, angkat kaki sebelah secara bergantian.

3. Glue Bridge with Leg

Cara yang satu ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot bokong. Pertama-tama, berbaringlah secara terlentang. Lalu, angkat satu kaki ke atas diikuti dengan bokong. Jadi, punggung tetap menempel pada lantai, hanya bokong dan kaki saja yang diangkat ke atas. Tahan beberapa detik lalu turunkan dan ganti dengan kaki satunya. Lakukan secara rutin, setidaknya 15 menit sehari untuk hasil maksimal.