DokterSehat.Com– Ketika si kecil masuk usia 6 bulan, ia sudah mulai mencoba berbagai tekstur makanan dan minuman. Jika bayi umumnya disuapi, pada tahapan ini Anda juga bisa melatih si kecil untuk memegang minumannya sendiri dengan menggunakan sippy cup atau gelas dot balita. Lalu, kapan bayi bisa mulai minum sendiri dari gelas?

anak-minum-dari-gelas-doktersehat-1

Melatih bayi minum dari gelas

Menurut para pakar, bayi bisa mulai diajarkan untuk minum dari gelas ketika menginjak usia 6 bulan. Tentunya ia tidak langsung minum dari gelas seperti milik orang dewasa melainkan menggunakan gelas dot balita atau sippy cup.

Bayi tidak selalu mau minum menggunakan sippy cup. Untuk itu pilih sippy cup yang memiliki ujung fleksibel dan lembut sehingga lebih nyaman bagi bayi. Bayi biasanya menyukai ujung lembut seperti puting atau dot.

Ketika bayi berusia 9 bulan, Anda bisa melatihnya menggunakan sippy cup yang memiliki sedotan. Terkadang bayi kesulitan saat pertama kali menggunakan sedotan. Jika ia belum tertarik dengan sedotan, maka jangan paksa bayi minum dengan sedotan untuk menghindari bayi tersedak. Untuk mempermudah bayi minum dengan sedotan, Anda bisa membuatkan minuman kesukaannya untuk kemudian diminum dengan sippy cup yang memiliki sedotan.

Apabila bayi sudah mulai lancar minum dengan menggunakan sedotan, maka Anda bisa mulai melatihnya untuk minum dari gelas. Sama halnya dengan melatih minum dari media lainnya, bayi mungkin akan belepotan dan kesulitan minum dari gelas. Bahkan mungkin ia akan melempar botol minum tersebut. Untuk itu, pilih gelas plastik untuk bahan latihan minum dari bayi.

Melatih anak untuk minum dari gelas membutuhkan koordinasi antara tangan dan mulut yang baik. Karena itu perhatikan juga kesiapan bayi untuk beralih media minum.

Melatih anak untuk minum dari gelas juga baik untuk melatih bayi yang dirasa sudah terlalu lama minum susu menggunakan dot. Minum dari dot terlalu lama selain dapat memicu kerusakan gigi juga dapat mengubah susunan gigi bayi. Jika ibu sudah berhasil melatih bayi minum susu dari gelasnya sendiri, ibu juga akan lebih mudah menyapih. Untuk itu, ibu bisa melatih bayi minum dari gelas sejak si kecil berusia kurang dari dua tahun.