DokterSehat.Com– Memasuki anak usia 2 tahun, Anda sudah bisa mengajarkan anak-anak mengenai keterampilan dasar mengenai kecakapan hidup. Salah satunya adalah belajar memakai baju sendiri. Selain melatih kemampuan motorik anak, memakai baju sendiri juga melatih kemandiarian anak.

melatih anak pakai baju sendiri

Tips melatih anak memakai baju sendiri

1. Mulai dari memakai kaus sendiri

Cara paling mudah untuk mengajarkan anak memakai baju sendiri bisa dimulai dari mengajarkannya untuk memakai kaus sendiri. Pertama, ajarkan si kecil untuk memasukkan kepalanya melalui lubang kaus, kemudian tarik kaus tersebut hingga melewati kepala dan wajah hingga leher.

Setelah berhasil, baru masukkan kaus pada kedua lengannya. Agar lebih mudah, Anda bisa mengajarkannya di depan kaca dan gunakan kaus yang longgar.

2. Mengajarkan memakai celana

Setalah si kecil bisa mengenakan kaus, Anda bisa mengajarkannya untuk menggunakan celana. Agar lebih mudah dipelajari, Anda bisa melatihnya dengan menggunakan celana dengan pinggang yang terbuat dari karet. Minta si kecil memasukkan kedua kakinya hingga melewati lubang celana, lalu tarik ke atas hingga bagian pinggang.

Setelah mampu mengenakan celana sendiri, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk melepas celana sendiri.

3. Mengancingkan baju

Belajar mengancingkan baju merupakan latihan kemampuan motorik halus anak. Ketika mengajarkan ini, anak mungkin akan sedikit kesulitan, namun ajarkan secara terus-menerus dan perlahan-lahan.

Saat mengajarkan mengancingkan baju, ia bisa memulai dari mengancingkan baju dari boneka, lalu belajar mengancingkan bajunya sendiri. Ajarkan dengan kemeja kesayangannya agar si kecil semakin bersemangat.

4. Membuka dan menutup ritsleting

Mengajarkan anak untuk membuka dan menutup ritsleting juga perlu diajarkan lho Mom. Anda bisa mengajarkannya menggunakan jaket kesayangan si kecil. Umumnya anak akan lebih senang belajar membuka dan menutup ritsleting jaket karena mengeluarkan bunyi yang khas.