5 Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Paling Mudah

tekanan-darah-rendah-doktersehat

DokterSehat.Com– Sirkulasi darah yang baik bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh oksigen dan nutrisi yang bisa dialirkan secara merata ke berbagai jaringan dan organ di dalam tubuh. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar juga akan membuat kinerja jantung dan pembuluh darah menjadi lebih ringan. Hanya saja, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan peredaran darah tetap lancar.

Cara melancarkan peredaran darah

Seluruh organ dan jaringan tubuh kita terhubung oleh pembuluh darah kecil yang terkait dengan pembuluh darah besar. Jika pembuluh darah ini mengalami gangguan, maka risiko terkena masalah kardiovaskular atau masalah kesehatan lainnya meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita melakukan berbagai cara ini untuk memperlancar peredaran darah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar peredaran darah.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Apa yang kita makan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh kita, termasuk dalam hal kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena alasan inilah kita sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang bisa membantu memperlancar peredaran darah.

Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan nitrit oksida layaknya cabai, sayuran berdaun hijau, serta buah delima. Makanan-makanan ini bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga akan membuat sirkulasi darah berlangsung dengan lancar. Selain makanan-makanan sehat tersebut, kita juga bisa mengonsumsi kunyit, kacang kenari, serta bit untuk mendapatkan kandungan nitrit oksida.

Jika kita tidak ingin mengalami masalah kolesterol tinggi yang bisa memicu penyumbatan sirkulasi darah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3.

Selain itu, kita juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan yang bisa melawan paparan buruk radikal bebas pemicu gangguan pembuluh darah layaknya buah beri, buah sitrus layaknya jeruk, dan bawang Bombay.

  1. Tidak merokok

Meskipun bisa menghilangkan rasa penat atau membantu mendapatkan ide, merokok bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk bagi jantung dan pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya bahan aktif di dalamnya yang berbahaya. Salah satu bahan aktif tersebut adalah nikotin.

Sebagai informasi, nikotin mampu memicu kerusakan pembuluh darah. Selain itu, paparan kandungan ini juga bisa membuat darah menjadi semakin kental sehingga sulit untuk mengalir dengan lancar. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rokok bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke yang mematikan sehingga sebaiknya memang kita hindari.

  1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal tidak hanya akan membuat penampilan tubuh menjadi lebih menarik, hal ini bisa membantu kita mencegah datangnya obesitas.

Tak hanya membuat gemuk, obesitas ternyata juga bisa membuat sirkulasi darah terhambat akibat menumpuknya plak pada pembuluh darah arteri. Jika sampai hal ini terjadi, risiko terkena penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga stroke akan meningkat.

  1. Rajin berolahraga

Apabila rajin berolahraga, maka jantung akan terlatih untuk memompa darah dengan lebih banyak demi menyediakan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal ini ternyata bisa membantu memperlancar peredaran darah sekaligus mencegah datangnya berbagai macam penyakit kardiovaskular.

  1. Tidak mudah stres

Meski terlihat sepele, dalam realitanya stres bisa berimbas pada ketidaklancaran sirkulasi darah. Hal ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah jika terkena gangguan psikologis ini. Karena alasan inilah kita sebaiknya sering melatih pernapasan, berolahraga, menikmati pemandangan alam, atau melakukan rekreasi demi mengatasi stres.