Setelah Persalinan Caesar, Bisakah Wanita Melahirkan Normal?

doktersehat kelahiran caesar

DokterSehat.Com – Melahirkan secara normal adalah impian semua wanita di seluruh dunia. Berdasarkan kondisi tertentu, wanita tidak bisa melakukan persalinan secara normal dan harus melakukan prosedur caesar agar bayi bisa segera dilahirkan dengan sehat dan ibu juga selamat.

Kalau wanita yang tidak bisa melahirkan secara normal dipaksakan untuk melakukan persalinan biasa, mereka akan mengalami gangguan pada sistem reproduksi hingga membuat ibu berisiko alami kematian begitu juga dengan bayi yang belum sempat dilahirkan.

Prosedur pelaksanaan operasi caesar

Wanita yang ada pada kondisi tidak sehat dan memiliki risiko saat melakukan persalinan biasanya susah melahirkan normal. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk melahirkan secara caesar. Selain itu, kelahiran secara caesar juga dilakukan karena wanita tidak memiliki tiga poin penting di bawah ini.

  1. Tenaga

Melahirkan secara normal tidak berlangsung begitu saja dan bayi langsung keluar dengan cepat. Beberapa wanita harus bersusah payah untuk mengejan supaya bayi bisa segera keluar dengan cepat dan dalam kondisi yang sehat pula. Kalau ibu tidak memiliki tenaga untuk mengejan, mereka akan susah melakukan persalinan.

Wanita yang sedang sehat dan bisa mengejan akan disarankan untuk melakukan persalinan secara normal. Namun, wanita yang memiliki kondisi kesehatan tertentu sehingga tidak bisa mengejan, mereka disarankan untuk melakukan operasi caesar agar tidak ada risiko kesehatan lainnya.

  1. Kondisi janin

Selain tenaga dari ibu, kondisi dari janin juga menentukan apakah persalinan normal bisa dilakukan. Kalau kondisi bayi sangat lemah atau ukurannya terlalu besar serta posisinya yang tidak memungkinkan operasi caesar sangat direkomendasikan. Kalau operasi caesar tidak segera dilakukan, ada kemungkinan bayi mengalami gangguan kesehatan beserta ibu.

  1. Jalan lahir

Jalan lahir juga menentukan apakah bayi bisa dilahirkan secara normal atau tidak. Yang dimaksud dengan jalan lahir ini adalah ukuran dari panggul apakah bisa dilewati oleh bayi atau tidak. Kalau panggul tidak memungkinkan untuk kelahiran bayi, operasi caesar sangat disarankan.

Kelahiran normal pasca caesar

Jika wanita melahirkan dengan caesar pada persalinan pertama, apakah persalinan kedua pasti melalui cara caesar juga? Jawabannya tidak harus. Ada beberapa wanita yang mampu melahirkan secara normal pasca melakukan operasi caesar untuk persalinan anak sebelumnya.

Meski kelahiran secara normal bisa dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu. Keberhasilan persalinan normal setela caesar atau Vaginal Birth After Cesarean (VBAC) ini berkisar 60-80 persen saja.

Sebelum melakukan persalinan, wanita harus memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

  • Tidak pernah melakukan kelahiran dengan cara caesar sebanyak dua kali dan menggunakan sayatan transversal rendah.
  • Ibu tidak pernah memiliki gangguan pada rahim entah itu trauma atau sobek.
  • Lokasi rumah ibu dengan pusat persalinan dekat dan selalu ada petugas yang siap membantu melakukan persalinan secara normal.
  • Gangguan persalinan normal sebelumnya yang menyebabkan operasi caesar terjadi tidak muncul. Misal ibu memiliki tenaga yang kuat sehingga kekuatan untuk mengenjan jadi sangat kuat.
  • Bayi yang akan dilahirkan juga ada dalam kondisi normal. Kondisi normal ini terlihat dari keaktifan, pernapasan, dan ukurannya yang standar. Tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Tidak ada gangguan pada air ketuban.
  • Kepala bayi berada di bawah sehingga kemungkinan terjadi persalinan jadi lebih mudah. Kalau kepala bayi sungsang, kelahiran normal akan susah terjadi.

Demikianlah ulasan tentang peluang persalinan normal pada wanita yang pernah melakukan pembedahan caesar. Semoga ulasan di atas bermanfaat!