Benarkah Melahirkan Bayi Laki-Laki Terasa Lebih Sakit?

DokterSehat.Com– Mom, pernahkah Anda mendengar bahwa jenis kelamin yang dikandung dapat memengaruhi proses persalinan Anda kelak? Salah satu mitos yang beredar adalah melahirkan bayi laki-laki lebih sakit daripada melahirkan bayi perempuan. Benarkah mitos tersebut?

Mengapa melahirkan bayi laki-laki lebih sakit dari bayi perempuan?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatric Research menyebutkan bahwa jenis kelamin yang dikandung bayi memang dapat memengaruhi intensitas rasa sakit saat melahirkan. Penelitian yang dilakukan di San Cecilio Clinical Hospital of Granada ini menyatakan bahwa melahirkan anak laki-laki lebih sakit dibandingkan melahirkan anka perempuan.

Dalam penelitian ini, Javier Diaz castro dan Julio Ochoa Herrera selaku pemimpin studi, mempelajari dara dari 56 orang ibu hamil dalam kondisi sehat. Di antara 56 kehamilan tersebut terdapat 27 ibu yang mengandung anak laki-laki dan 29 sisanya mengandung anak perempuan.

Setelah melahirkan, para peneliti menganalisis kerusakan di tubuh ibu. Hasilnya, biomolekul pada ibu yang melahirkan bayi perempuan memiliki kerusakan yang minim dibanding dengan ibu yang melahirkan bayi laki-laki.

Berdasarkan pengamatan tersebut, peneliti menyimpulkan beberapa penyebab mengapa melahirkan bayi laki-laki lebih sakit dibanding melahirkan bayi perempuan. Salah satu penyebabnya adalah bayi perempuan memiliki kemampuan lebih baik dalam menghadapi stres atau tekanan. Selain itu, sistem enzim dalam janin perempuan sudah matang ketika waktu persalinan tiba. Hal ini ikut membantu mencegah kerusakan sel pada bayi.

Penyebab lainnya adalah dalam tubuh perempuan ditemukan antioksidan defensif yang membuat kelahiran bayi perempuan mengalami kerusakan membran sel lebih kecil. Bagi ibu, kondisi ini dapat mengurangi risiko ibu mengalami peradangan sehingga menyebabkan persalinan tidak terlalu sakit.

Mengatasi rasa sakit saat persalinan

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ibu hamil sebaiknya tidak merasa khawatir atau ketakutan saat akan melakukan persalinan pada bayi laki-laki. Ada beberapa cara yang bisa mengurangi rasa sakit Anda saat menjalani persalinan normal seperti melakukan hypnobirth, mencari posisi yang aman saat melahirkan, dan masih banyak lagi.

Konsultasikan metode persalinan dengan dokter kandungan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Yang perlu diingat, ambang nyeri masing-masing orang tidak sama, sehingga apa yang menurut orang lain terasa nyeri belum tentu demikian bagi Anda.