Mau Tau Berapa Lemak Tubuhmu? Ini Cara Mengetahuinya

doktersehat-wanita-obesitas-meningkat

DokterSehat.Com– Komposisi yang ada pada tubuh kita tentu terdiri dari berbagai jaringan. Misalnya saja tulang, cairan tubuh, darah, massa otot dan massa lemak. Dari komposisi tersebut umumnya dapat diketahui kondisi fisik tubuh kita melalui berat badan. Namun ternyata selain berat badan, ada pula lemak tubuh yang yang perlu kita tahu untuk memantau kondisi fisik tubuh kita.

Lemak tubuh adalah berapa banyak massa lemak yang ada pada tubuh kita. Umumnya hasil ini ditunjukkan dengan nilai persentase. Misalnya hasil pengukuran menunjukkan nila 25% maka dalam tubuh kita terdiri dari 25% massa lemak dibandingkan dengan total berat badan.

Untuk mengetahui berapa lemak tubuh kita dilakukan dengan cukup banyak cara. Namun, Jacqueline Morris, seorang pakar kesehatan dari New York menyebutkan bahawa secara umum cara mengetahui lemak tubuh kita adalah dengan dua hal yaitu:

  • Menggunakan alat Analisis impedans bioelektris (Bioelectrical Impedance Analysis/BIA)
  • Alat ini sudah cukup banyak diketahui meskipun tidak setenar timbangan berat badan. Bentuknya ada berbagai macam namun prinsip alat ini adalah dengan menempelkan elektroda pada beberapa bagian tubuh misalnya pergelangan lengan dan kaki atau sekitar telapak tangan dan telapak kaki. Kemudian alat ini akan mengukur impedan (sinyal elektrik kecil) yang dialirkan ke dalam tubuh melalui air pada otot dan lemak tubuh. Sehingga akan dapat diketahui berapa persen lemak tubuh kita. Kita dapat menemukan alat ini biasanya pada klinik atau rumah sakit yang menyediaakan pemeriksaan lemak tubuh.

  • Mengetahui ketebalan lemak kulit
  • Cara ini dilakukan dengan menggunakan alat penjepit lemak tubuh (kaliper). Alat ini dapat mengukur lemak yang ada pada lengan bawah, sekitar belikat dan lemak perut. Hasil dari pengukuran tersebut kemudian dimasukkan dalam suatu perhitungan untuk menunjukkan berapa persen lemak tubuh kita yang diwakilkan oleh lemak yang ada pada beberapa bagian tersebut. Namun cara ini umumnya hanya bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan yang telah ahli dan terlatih sehingga akan sulit bagi kita untuk melakukan cara ini sendiri.

Beberapa cara diatas merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui berapa persen lemak tubuh kita. Meskipun cara diatas memang tergolong tidak mudah, kita sebaiknya mengetahui berapa lemak tubuh kita agar kita dapat memantau dan melakukan tindakan yang tepat untuk mendukung kondisi kesehatan kita.