Terbit: 11 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sarapan atau makan pagi adalah sebuah aktivitas yang sering disepelekan oleh sebagian orang. Hal itu dikarenakan kesibukan kerja ataupun waktu yang terlalu mepet. Selain itu, banyak juga yang meninggalkan sarapan hanya karena diet dan takut berat badan menjadi naik.

Mau Kurus? Yuk Sarapan dengan 3 Menu ini!

Padahal, sarapan adalah aktivitas yang penting dan tidak boleh ditinggalkan oleh siapapun. Dengan sarapan, seseorang akan menjadi lebih bugar sebab mendapat cadangan energi. Kemudian, sarapan juga bisa meningkatkan konsentrasi sehingga aktivitas seharian bisa dilakukan dengan lancar.

Namun, jika Anda takut berat badan bertambah karena sarapan. Maka carilah alternatif lain, yakni menggunakan menu sehat pada sarapan. Dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa menu sehat yang harus dikonsumsi saat sarapan bagi orang yang takut berat badannya naik. Apa saja menu tersebut? berikut diantaranya:

1. Sayur Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayur yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Bayam sendiri memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik. Nah, dibalik manfaatnya tersebut, bayam sangat direkomendasikan sebagai menu ketika Anda sedang diet. Hal itu dikarenakan bayam memiliki nutrisi lengkap, seperi vitamin, kalsium, kalium, seng, selenium, dan sebagainya yang bisa membuat efek kenyang lebih lama sehingga Anda tidak perlu ngemil di siang hari.

2. Semangka

Jika Anda meninggalkan sarapan hanya takut gemuk, maka Anda bisa menggunakan semangka sebagai solusinya. Anda hanya perlu makan nasi sedikit saja, asal perut tidak kosong, kemudian konsumsilah semangka. Semangka mengandung mineral yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh Anda. Selain itu, semangka juga bisa memberikan efek lapar yang cukup lama.

3. Telur

Telur adalah salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai menu sarapan. Hal itu dikarenakan telur adalah makanan yang padat nutrisi. Tingkat protein yang tinggi pada telur bisa membuat Anda menjadi lebih bergairah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, protein tersebut juga akan menjadi cadangan energi bagi tubuh Anda sehingga bisa melakukan aktivitas dengan lancar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi