Perhatikan 3 Hal Berikut ini Agar Matras Yoga Nyaman Digunakan

doktersehat-yoga-untuk-kesehatan-rambut
Photo Credit: Pexels.com/ Burst

DokterSehat.Com– Salah satu olahraga yang banyak digemari, khususnya oleh kaum wanita adalah yoga. Yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di samping bisa menurunkan berat badan, membentuk otot, serta membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, yoga juga bisa membantu meredakan pikiran yang sedang stres, serta mengembalikan suasana hati yang sedang buruk menjadi baik kembali.

Yoga berisi berbagai macam gerakan, mulai dari gerakan sederhana hingga gerakan yang sangat rumit. Tak heran, jika saat melakukan latihan yoga, Anda membutuhkan sebuah matras agar Anda bisa nyaman dalam melakukan gerakan-gerakan tersebut. Dalam menggunakan matras, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Pakai Kedua Sisi

Matras umumnya berbentuk persegi panjang dan memiliki dua sisi yang bentuknya sama. Pastikan Anda menggunakan kedua matras tersebut dengan benar. Jangan sampai Anda hanya menggunakan salah satu sisi dari matras tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari matras dari kerusakan.

2. Merapikan Matras

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan pada matras yoga Anda adalah bagaimana cara merapikannya setelah digunakan. Umumnya, saat melakukan gerakan yoga, Anda akan mengeluarkan banyak keringat. Kemungkinan besar keringat tersebut akan menempel pada matras. Yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda ingin merapikan matras yoga setalah digunakan, jangan langsung digulung. Biarkan matras tersebut terbuka lebar agar terkena sinar matahari. Sehingga, bakteri yang berasal dari keringat Anda yang menempel pada matras akan kering.

3. Jangan Terkena Kotoran

Sebaiknya, matras yoga selalu dibiarkan dalam keadaan bersih. Tidak hanya itu, pastikan Anda melakukan yoga di tempat yang bersih. Sebab, jika tempat yang Anda pilih untuk melakukan yoga kotor, maka kotoran tersebut juga akan menempel pada matras. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan kaki Anda. Bersihkan telapak kaki Anda terlebih dahulu sebelum menginjak matras dan melakukan yoga. Hal ini untuk menghindari kotoran menempel pada matras yang selalu Anda pakai dan menyentuh kulit Anda secara langsung.