Mata Kering Saat Hamil? Ini Penyebabnya

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

.DokterSehat.Com– Memasuki trimester ketiga kehamilan, kadang ibu mengalami beberapa gangguan kehamilan seperti mudah lelah, nyeri punggung, hingga mata terasa lebih kering dari biasanya. Kondisi ini disebut dry eye syndrome dan tidak bersifat permanen. Namun jika dibiarkan, ibu dapat berisiko terkena konjungtivis hingga pembengkakan kornea.

Beberapa gejala mata kering yang mungkin Anda rasakan saat hamil antara lain mata merah, mata terasa gatal seperti berpasir dan semakin parah setiap hari, kelopak mata lengket saat bangun pagi, hingga mata jadi mudah berair. Pada awalnya Anda mungkin merasa ini adalah gangguan mata kering biasa yang akan cepat hilang namun Anda akan menyadari bahwa hal ini dapat terjadi sepanjang hari.

Umumnya sindrom mata kering ini disebabkan oleh pengunaan lensa kontak, namun ada juga penyebab lainnya yaitu:

Perubahan hormon
Saat hamil, produksi hormon androgen akan menurun dan dapat meyebabkan mata terasa kering. Umumnya hal ini akan terus terjadi hingga setelah melahirkan dan menyusui.

Penurunan produksi air mata
Perubahan hormon juga dapat memengaruhi penurunan produksi air mata oleh kelenjar air mata yang dapat menyebabkan mata wanita hamil jadi lebih kering. Selain mata kering, banyak wanita merasa mata jadi perih dan terasa mengganjal. Mata kering saat hamil juga dapat membuat wanita lebih sensitif pada cahaya yang menyilaukan.

Perubahan kelenjar minyak

Perubahan kelenjar minyak saat hamil dapat menghambat produksi lipid dan kelenjar minyak yang berguna untuk melembapkan mata sehingga ikut mengubah produksi air mata yang dibutuhkan. Akibatnya, saat mata Anda berkedip atau menggosok mata, justru membuat mata Anda terasa lebih kering.

Obat-obatan
Jika selama kehamilan Anda sering mual dan muntah, hal ini juga dapat menjadi penyebab mata kering. Beberapa obat antimual diketahui dapat berpengaruh pada kelenjar air mata sehingga terasa lebih kering.

Untuk mengurangi keluhan mata kering yang Anda rasakan, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan antara lain:
1. Gunakan kaca mata hitam atau payung agar tidak terkena cahaya matahari secara langsung
2. Gunakan obat tetes mata secara teratur
3. Kompres mata dengan air hangat

Umumnya keluhan mata kering ini akan hilang dengan sendirinya, namun jika tidak berkurang dan semakin mengganggu, sebaiknya segera hubungi dokter.