Mata Bocah Asal Karawang Ini Berdarah, Akibat Gadget?

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial beredar kabar yang menyebutkan bahwa ada seorang bocah kecil dari Karawang, Jawa Barat, yang mengalami mata merah dan seperti mengeluarkan darah. Dalam kabar tersebut, disebutkan bahwa mata sang bocah ini berdarah akibat terlalu lama memainkan gadget.

Dalam realitanya, semakin banyak anak yang memainkan gadgetnya terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh banyaknya permainan atau aplikasi yang memang menyenangkan untuk terus dimainkan pada gadget seperti ponsel. Banyak orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget dalam waktu yang lama karena membuat anak tidak lagi rewel dan tidak mengganggu aktivitas mereka. Padahal, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan mereka.

Hanya saja, dampak buruk ini tidak sampai menyebabkan mata berdarah. Jika mata kemudian menjadi tegang, kelelahan, dan sampai mengalami iritasi sehingga warnanya sangat merah. Kondisi mata merah ini sangat wajar terjadi, namun, jika sampai mata berdarah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisi lain, bukan hanya karena terlalu lama menatap layar gadget.

Sebagaimana kita ketahui, mata merah terjadi karena pembuluh pada mata melebar. Asalkan mata kemudian diistirahatkan atau diberi obat tetes, maka kondisi ini akan membaik dengan sendirinya. Kondisi ini hampir tidak mungkin berlanjut menjadi perdarahan. Jika sampai mata mengeluarkan darah, bisa jadi hal ini disebabkan oleh trauma benturan, pukulan, terjatuh, dan kondisi ekstrem lainnya.

Meski tidak membuat mata berdarah, terlalu lama bermain gadget memang sangat tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi anak-anak. Kita tentu harus membatasi waktu bermain gadget anak-anak demi kebaikannya.