Masuk Trimester Ketiga, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Trimester ketiga merupakan tahap akhir dari proses kehamilan. Ibu hamil yang memasuki periode ini perlu mempersiapkan fisik dan mental menjelang persalinan. Pada masa ini, janin sudah memasuki perkembangan tahap akhir untuk persiapan proses kelahiran.

Pada bulan ketujuh, janin sudah dapat merasakan sakit, mendengar suara dan mengubah posisi tubuh. Pendengarannya sudah mulai berkembang pesat dan tubuhnya mulai banyak menyimpan cadangan lemak. Pergerakan bayi sudah mulai aktif dan makin sering menendang-nendang.

Memasuki bulan kesembilan, perkembangan janin sudah makin sempurna. Mata dan telinga dapat berfungsi dengan baik, serta bagian paru-paru sudah hampir berkembang sempurna. Biasanya pada usia kehamilan ini janin sudah berukuran sekitar 46-51 cm dengan berat kira-kira 3 kg.

Janin pun siap dilahirkan dengan posisi kepala menghadap jalan lahir dan tubuh menempati bagain bawah panggul ibu. Pada masa-masa akhir trimester ketiga, biasanya sang ibu akan merasakan sensasi tegang dan mengeras pada area sekitar rahim atau yang dering dikenal dengan kontraksi palsu (Braxton-Hicks).

Salah satu cara untuk membedakan antara kontraksi palsu dan kontraksi jelang persalinan adalah frekuensi dan pola kontraksi palsu terasa acak dan tidak semakin sering. Biasanya kontraksi asli jelang persalinan diiringi bercak darah atau pecahnya air ketuban.

Semakin mendekati tanggal persalinan, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan selain fisik dan mental. Pertama, jaga stamina Anda karena melahirkan adalah proses yang akan menguras tenaga. Lakukan peregangan atau senam hamil untuk melancarkan peredaran darah sehingga otot dan tubuh Anda siap untuk menjalani proses persalinan.

Siapkan tas yang berisi perlengkapan menginap di rumah sakit seperti baju ganti, baju menyusui dan perlengkapan bayi, sehingga ketika tanda-tanda persalinan mulai muncul, Anda dapat segera bergegas ke rumah sakit.

Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan kelahiran bayi dengan mempelajari perawatan bayi baru lahir. Saat ini banyak rumah sakit atau lembaga yang mengadakan kelas-kelas persiapan kelahiran yang akan menambah pengetahuan Anda untuk menyambut kelahiran bayi.